oleh

Heboh! Uang Kertas Palsu Pecahan Rp 100 Ribu Beredar

benuanta.co.id, TARAKAN – Pemilik Toko Anda Baru yang terletak di Jalan KH Dewantara Kelurahan Karang Balik menerima uang kertas pecahan Rp 100 ribu yang diyakini palsu.

Erwin, pemilik toko mengatakan uang pecahan mirip Rp 100 ribu itu palsu saat ia menghitungnya dengan Rp 100 ribu lainnya. Ia menjelaskan kejadian ini sekitar tiga hari lalu saat adiknya menjaga toko.

“Sekitar hari Senin kemarin, adik saya yang terima uangnya karena buru-buru banyak pembeli juga jadi tidak sadar kalau itu (uang) palsu,” bebernya, Kamis (26/5/2022).

Erwin merasa berbeda dengan uang mirip Rp 100 ribu ini. Memang secara kasat mata pecahan Rp 100 ribu ini sangat mirip dengan aslinya.

Baca Juga :  Kasus Bom Ikan oleh Nelayan Asal Malaysia Masuki Tahap P21

“Setiap malam kan dihitung dulu hasil dari hari ini, waktu dicek satu-satu ternyata mencolok sekali yang palsu ini,” tukasnya

Erwin mengaku untuk memilih mengikhlaskan uang senilai Rp 100 ribu tersebut. Meski kejadian ini bukan hanya sekali di tokonya, ia tidak ambil pusing, ia memilih untuk lebih berhati-hati lagi dalam melakukan transaksi dengan rupiah.

“Saya juga belum sempat cek CCTV karena tidak ada waktu, ya relakan saja, karena kan saya sudah lama toko ini 32 tahun jadi mungkin pernah juga dapat uang palsu saya lupa sudah waktu itu pernah ada tapi tahun berapa, belajar dari ini hati-hati saja lagi,” tutur Erwin.

Baca Juga :  Pengendara Lawan Arus Jadi Pelanggaran Lalin Paling Menonjol

Uang mirip Rp 100 ribu itu saat ini disimpan pihaknya. Ia juga mempersilahkan jika dari pihak Bank Indonesia jika ingin melakukan cek ke toko miliknya.

Terpisah, masyarakat yang kebetulan berbelanja juga tertarik untuk melihat uang diduga palsu tersebut. Salah satunya Eka, perempuan yang kesehariannya berjualan juga hafal betul bagaimana ciri-ciri uang palsu dan asli.

“Yang paling utama itu lihat benang emasnya. Kalau benang emasnya saya pegang juga, biasanya yang asli itu timbul” urainya.

Ia juga membandingkan uang asli miliknya dengan uang palsu yang dimiliki oleh Toko Anda Baru. Saat diraba, benang yang terdapat pada uang tersebut sangat jelas berbeda, benang pada uang asli akan cenderung timbul dan uang palsu sebaliknya.

Baca Juga :  Angka Imunisasi Anak Sempat Turun, Dinkes Maksimalkan Vaksin

“Memang kalau diraba dia baru ketahuan aslinya. Kalau orang jeli pasti tahu bedanya, kalau orang tua agak susah karena ya kan harus dilihat dengan teliti,” tutur Eka.

Kendati belum pernah mengalami kejadian yang dialami Erwin, ia sudah sangat hafal kondisi uang asli karena kesehariannya berjualan. Ia juga mengimbau kepada masyarakat lainnya agar ibu menjadi pembelajaran bahwa harus selalu teliti dalam bertransaksi menggunakan uang rupiah.

“Setelah pegang ini, saya terbantu lah, bersyukur jadi tahu bisa bedakan mana yang asli dan palsu,” tutupnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Klik Link Video di Bawah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

6 + 17 =