Indonesia Lolos ke Semifinal Sepak Bola Putra SEA Games 2021

Selain membuat Indonesia melaju ke babak empat besar SEA Games 2021, kemenangan dari Myanmar juga mengantar skuad “Garuda Muda” ke puncak klasemen sementara Grup A dengan sembilan poin dari empat laga.Akan tetapi, situasi itu dapat berubah lantaran Vietnam yang berada di peringkat kedua dan memiliki tujuh poin baru akan menjalani pertandingan pamungkasnya pada Minggu (15/5) menghadapi Timor Leste.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1547 votes

Jika bisa menundukkan lawannya, Vietnam yang juga telah memastikan tempat di semifinal akan mengunci status pemimpin Grup A.

Baca Juga :  Atlet Panahan PON Kembali Ukir Prestasi Lewat Hasil Tryout di Yogyakarta

Pertandingan semifinal sepak bola putra SEA Games 2021 akan digelar pada Kamis (19/5) di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam. Belum diketahui lawan Indonesia dan Vietnam di empat besar karena Grup B baru akan melangsungkan laga pamungkas pada Senin (16/5).

Pada laga melawan Myanmar, Indonesia yang membutuhkan tiga poin atau hasil seri demi lolos ke semifinal tampil menekan sejak awal pertandingan.

Mengandalkan trio Egy Maulana, Witan Sulaeman dan Irfan Jauhari di lini serang, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong berhasil membuat gol cepat pada menit keenam melalui kaki kiri Egy Maulana.

Baca Juga :  Vietnam dan Phillipe Troussier Sepakat Akhiri Kerja Sama

Egy memanfaatkan situasi kemelut di kotak penalti Myanmar. Bola tendangannya membentur pemain lawan sebelum masuk ke gawang dan itu menjadi gol ketiganya pada SEA Games 2021.

Unggul satu gol, Indonesia meningkatkan serangan. Empat menit setelah membuka skor, skuad “Garuda Muda” menambah pundi-pundi gol kali ini berkat sepakan Witan Sulaeman. Bola dari kaki Witan terlebih dahulu menyentuh tubuh pemain Myanmar sehingga memperdaya kiper lawan Pyae Phyo Thu.

Setelah itu, Myanmar sempat mengambil alih dominasi dan bahkan membuat gol pada menit ke-28 via Win Naing Tun, tetapi dibatalkan oleh wasit lantaran “offside”.

Baca Juga :  IMI Kaltara Pilih Jatim Sebagai TC Atlet Sebelum Laga PON XXI Aceh-Sumut

Persis menjelang jeda, tepatnya menit ke-45+2, Indonesia melesakkan gol ketiga dari tendangan Marselino Ferdinan yang lagi-lagi mengenai pemain lawan sebelum bergulir ke gawang. Indonesia pun unggul 3-0 sebelum turun minum.

Pada paruh kedua, Myanmar yang tercecer berupaya untuk menghadirkan gol. Mereka pun menyulitkan Indonesia dengan serbuan-serbuan ke benteng “Garuda Muda”.

Keputusan tersebut berbuah gol pada menit ke-66 dari sumbangan penyerang Win Naing Tun. Itu adalah gol ketiga Win Naing Tun di SEA Games 2021.

Tak ada perubahan situasi usai gol tersebut meski kedua tim sama-sama mempunyai peluang. Indonesia menang atas Myanmar dengan skor 3-1. (*)

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *