Kenaikan Tipe Polres Merupakan Kebutuhan Masyarakat Bulungan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Polres Bulungan melaksanakan rapat koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Bulungan, Kodim 0903/Bulungan, Kejari Bulungan dan Pengadilan Negeri Tanjung Selor serta para tokoh masyarakat di Bulungan, dalam rangka kenaikan tipe Polres Bulungan dan pembentukan Polres Tana Tidung.

Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar menyatakan apresiasi kepada Pemkab Bulungan dan tokoh-tokoh masyarakat Bulungan, kenaikan tipe Polres Bulungan ini bukan keinginan tapi kebutuhan untuk peningkatan tipologi Polres Bulungan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes

“Untuk target apa yang dilakukan Polres Bulungan, ya kami terus meningkatkan layanan dengan keterbatasan sumber daya organisasi yang dimiliki saat ini,” terang AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar kepada benuanta.co.id, Selasa 10 Mei 2022.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bulungan Gelar Sosialisasi Manfaat Program Sektor Jasa Konstruksi

Hanya saja keputusan peningkatan tipologi kuasanya bukan di Polres Bulungan atau Polda Kaltara, tapi ditentukan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kata dia, semua yang disampaikan oleh para tokoh masyarakat dan unsur pemerintah daerah itu positif, agar Polres Bulungan dinaikkan tipenya karena sebuah kebutuhan.

“Ada banyak agenda yang akan dilakukan di Bulungan salah satunya pembangunan PSN, kemudian kita akan menjadi Buffer Zone dari IKN. Dari perspektif kepolisian perlu dilakukan langkah antisipasi salah satunya membesarkan atau meningkatkan tipologi Polres yang ada disini,” ucapnya.

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara

Mantan Kasat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat ini menuturkan tipe Polres Bulungan saat ini adalah tipe D, saat ditingkatkan menjadi tipe C jenjangnya Polresta. Alasannya juga karena Polres Bulungan berada di Ibukota Kaltara.

“Ini juga karena dinamikanya yang selalu berkembang karena berada di Ibukota Provinsi Kaltara itu masih memerlukan tambahan sumber daya organisasi,” paparnya.

AKBP Ronaldo Maradona menambahkan jika pengajuan peningkatan tipologi Polres Bulungan telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Karena tidak ada tindaklanjut maka kembali diusulkan pada tahun 2022.

“Kemarin itu belum disetujui, makanya kita usulkan lagi sesuai harapan masyarakat Kabupaten Bulungan tahun ini bisa disetujui,” jelasnya.

Baca Juga :  Aksi Sosial Bantu Warga Terdampak Kebakaran

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani mengatakan dirinya sebagai kepala daerah, memberikan dukungan sepenuhnya peningkatan status Polres Bulungan.

“Peningkatan status ini bukan suatu keinginan tapi kebutuhan, banyak yang harus kita lakukan kedepan yang lebih berat,” ujar Syarwani.

Dia menuturkan pada sisi lainnya, masyarakat menuntut kehadiran layanan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), hal ini menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

“Jangan sampai nanti dengan dinamika perkembangan penduduk dan kegiatan besar yang ada di Kabupaten Bulungan tidak siap,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *