Peningkatan Penumpang Speedboat Diprediksi hingga H+15 Lebaran

benuanta.co.id, BULUNGAN – Moda transportasi air menjadi pilihan utama yang digunakan masyarakat selama mudik dan arus balik di Provinsi Kalimantan Utara. Armada speedboat silih berganti melayani penumpang di beberapa pelabuhan yang ada di kabupaten dan kota.

Ketua Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Kaltara, Sabar menuturkan penggunaan speedboat sebagai moda transportasi mudik dan balik masih menjadi pilihan utama warga Kaltara.

“Tahun ini sepertinya terjadi peningkatan penumpang 80 persen dibandingkan lebaran tahun lalu,” ujar Sabar kepada benuanta.co.id, Ahad 8 Mei 2022.

Baca Juga :  Korban Tenggelam Kedua Ditemukan, Pencarian Resmi Ditutup

Kata dia, untuk penggunaan speedboat ini sendiri terlihat seimbang baik yang berasal dari Tarakan maupun Tanjung Selor. Pasalnya, dari 2 daerah tujuan ini memiliki penumpang yang hampir sama jumlahnya.

“Saya lihat seimbang saja, orang Bulungan ke Tarakan juga banyak begitu yang dari Tarakan ke Bulungan,” jelasnya.

Sabar mengatakan kedatangan maupun keberangkatan tampaknya tidak hanya terjadi peningkatan hingga H+7 yang jatuh pada Ahad, 8 Mei 2022. Tapi peningkatan itu juga diprediksikan terlihat di beberapa hari ke depan.

Baca Juga :  Dulunya Berdebu, Jalan Buluh Perindu Kini Telah Beraspal Mulus

“Saya lihat (penumpang) masih tinggi, prediksi H+10 sampai H+15. Kalau hari ini puncaknya karena PNS besok sudah mulai kerja, tapi beberapa nanti giliran dari masyarakat,” ucapnya.

Khususnya keselamatan dan kenyamanan, dia menuturkan apa yang menjadi rekomendasi agar pelayanan keselamatan dan kenyamanan speedboat ini pun pelan-pelan dibenahi. Sebelumnya untuk model kursi yang diinstruksikan diubah kini telah dilakukan.

Baca Juga :  Antisipasi Laka Lantas, Polres Bulungan Survei Jalan Trans Kaltara

“Bahkan penomoran kursi pada setiap speedboat telah kita lakukan, tujuannya untuk keselamatan penumpang,” terangnya.

Sabar menambahkan, untuk meningkatkan lagi kenyamanan penumpang speedboat masih ada beberapa hal lagi yang harus ditambahkan salah satunya alat komunikasi, masih didapati speedboat belum memiliki alat tersebut. (*)

Reporter: Heri Muliad

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 5 =