Pengamanan dan Pelayanan Lebaran Polres Bulungan Libatkan Instansi Samping

benuanta.co.id, BULUNGAN – Setelah sebelumnya dilaksanakan apel gelar pasukan pada Operasi Ketupat Kayan 22 pada tanggal 22 April 2022. Pada hari ini secara serentak pasukan yang telah disusun pun memasuki posnya masing-masing, seperti yang dilaksanakan Polres Bulungan.

Menjaga situasi tetap aman dan kondusif jelang perayaan hari Idul Fitri 1443 Hijriah, khususnya masyarakat perjalanan mudik. Polres Bulungan telah membentuk beberapa posko baik pengamanan maupun pelayanan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2024 votes

“Posko yang kita buat ada 3 untuk pos pengamanan, lokasinya ada di Pelabuhan VIP Kayan 1, Pelabuhan Speedboat Kayan II dan Bandara Tanjung Harapan,” ungkap Waka Polres Bulungan Kompol Muhammad Musni kepada benuanta.co.id, Kamis 28 April 2022.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bulungan Gelar Sosialisasi Manfaat Program Sektor Jasa Konstruksi

Sebelum dilakukan pengamanan dan pelayanan, Polres Bulungan pun melakukan apel kembali yang melibatkan instansi samping diantaranya Kodim 0903/Bulungan, Denpom VI/3 Bulungan, Pos AL dan pihak Pemerintah Kabupaten Bulungan.

“Tadi apel pergeseran masuk ke masing-masing pospam Operasi Ketupat. Personel terlibat dari Kodim ada 8 orang, Denpom 4 orang, TNI AL ada 2 orang, Dinkes Bulungan ada 4 orang ditambah 2 unit ambulans, Dishub 4 orang, Satpol PP 4 orang, BPBD 4 orang, Dirjen Laut 1 orang, PMI 4 orang dan Senkom ada 6 orang,” sebutnya.

Sebelum pelayanan dan pengamanan dijalankan, pihaknya pun mengarahkan para petugas ini untuk melaksanakan tugas di posko untuk selalu sigap, siap dan melaksanakan imbauan kepada masyarakat.

“Kita memberikan penekanan terkait pelaksanaan tugas di posko, dari kesiapsiagaan dan imbauan prokes serta antisipasi muatan berlebih agar benar-benar diperhatikan nantinya,” ucapnya.

Baca Juga :  Aksi Sosial Bantu Warga Terdampak Kebakaran

Mantan Kabag Ops Polres Bulungan ini menjelaskan penting dilakukan pengecekan hingga pelarangan muatan yang berlebihan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, salah satu speedboat dalam keadaan sarat muatan.

“Kita pastikan transportasi air tidak memuat barang atau penumpang lebih, begitu juga kendaraan darat,” tuturnya.

Sebelumnya Bupati Bulungan juga menekankan dalam pelaksanaan mudik lebaran Idul Fitri berjalan lancar, aman dan selamat terhadap masyarakat Kabupaten Bulungan yang akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri selama arus mudik maupun nanti kembali ketempatnya masing-masing.

“Arus mudik maupun arus balik, itu pastikan dalam keadaan aman dan selamat bagi masyarakat Kabupaten Bulungan,” jelasnya.

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara

Kata dia, Pemerintah Kabupaten Bulungan siap memberikan dukungan terutama dalam menjaga keamanan dan kondusifitas daerah. Dia mengatakan tak hanya peran aparat penegak hukum (APH), tapi peran serta masyarakat.

“Saya imbau seluruh masyarakat Bulungan agar bersama-sama menjaga kondusifitas daerah ini. Mari kita sambut datangnya Hari Raya Idul Fitri ini dengan sukacita,” ujarnya.

Syarwani juga berharap agar tetap saling menjaga hubungan silaturahmi antar sesama masyarakat. Sehingga nantinya dapat tercipta rasa kebersamaan dan solidaritas masyarakat Kabupaten Bulungan.

“Saya juga mengingatkan masyarakat Bulungan tetap disiplin menerapkan 3 M dan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun. Baik bertamu maupun bersilaturahmi dengan keluarga kerabatnya ataupun tempat wisata yang ada di Kabupaten Bulungan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *