Toleransi di Hari Kartini, SMA Katolik Nunukan Gelar Pawai dan Buka Puasa Bersama

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Frateran ST. Gabriel Nunukan melaksanakan pawai dan buka puasa bersama pada Kamis, 21 April 2022.

Pawai dilaksanakan pada sore hari setalah upacara yang diikuti oleh 28 Guru dan 168 siswa yang terdiri dari siswa kelas X dan XI.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1988 votes

Rute dimulai dari halaman sekolah hingga jalan raya sejauh 500 meter. Sebagian besar menggunakan pakaian adat suku NTT, Toraja, Dayak dan beberapa siswi juga terlihat menggunakan pakaian kebaya khas Kartini.

Baca Juga :  Bobol Rumah dan Konter HP, Mantan PMI Ini Diringkus Polisi

“Kegiatan ini merupakan rangkaian program SMA Katolik berbasis budaya. Jadi, di Hari Kartini ini seluruh peserta didik maupun guru diwajibkan menggunakan pakaian adat,” kata Kepala Sekolah SMA Katolik Frateran ST. Gabriel Nunukan, Yohanes Mauw kepada benuanta.co.id, Kamis (21/4/2022).

Setelah melaksanakan pawai, Kepala Sekolah memberikan pembinaan kepada siswa laki-laki tentang pentingnya kesetaraan gender. Kemudian kegiatan itu dilanjutkan dengan bukan puasa bersama.

Baca Juga :  Lima Unit Motor Ikut Tenggelam Hanya Satu Dapat Dievakuasi

“Di sekolah ini hanya ada 5 siswa dan 3 guru yang beragama Islam, kita melaksanakan buka bersama karena kita sekolah yang tinggi akan toleransi, semboyan kami adalah ‘My School My Family’ sehingga saudara kami yang menjalankan ibadah puasa boleh merasakan buka puasa bersama dengan kami,” ungkapnya.

Salah seorang pelajar Jesica, kelas X IPS mengingatkan peran sorang wanita dalam perjalanan dunia pendidikan tidak bisa dilupakan begitu saja. Peran perempuan kini bisa dibilang sangat berarti dalam pencapaian bangsa.

Baca Juga :  Bawa Penumpang Dua Long Boat Tabrakan di Laut Sebatik 

“Jangan pernah berpikir bahwa tugas kita perempuan di dapur saja. Tapi kita juga bisa menjadi wanita karir yang berpendidikan,” ujarnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *