Disdikbud Bulungan Terima DAK Sebesar Rp 4,8 M untuk Sarana dan Prasarana Sekolah

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pemerintah pusat gelontorkan anggaran yang cukup besar untuk dunia pendidikan di Kabupaten Bulungan. Tahun 2022 ini, dana alokasi khusus (DAK) yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan sebesar Rp 4,8 miliar.

“Alhamdulillah kita mendapatkan DAK yang berasal dari Kemendikbud Ristek untuk pengadaan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan media pendidikan bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Bulungan,” ungkap Bupati Bulungan Syarwani kepada benuanta.co.id, Senin 11 April 2022.

Dirinya pun mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulungan dan Provinsi Kaltara, telah mengupayakan anggaran untuk dunia kependidikan di Bulungan.

“Saya sampaikan terimakasih banyak karena Bulungan pada 2022 ini kembali mendapatkan bantuan sarana prasarana pendidikan melalui DAK dari APBN,” paparnya.

Baca Juga :  Pemkab Bulungan Mulai Bayarkan THR ASN

Mantan Ketua DPRD Bulungan ini meminta bagi sekolah yang mendapatkan bantuan DAK ini agar dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sehingga tujuan dari anggaran itu berupa pemenuhan standar pelayanan dapat terpenuhi.

“Sekolah-sekolah yang mendapatkan bantuan  agar dapat digunakan seoptimal mungkin. Ini supaya dapat mencapai standar nasional pendidikan dan dapat meningkatkan kualitas SDM para guru dan anak didik kita,” jelasnya.

Pihaknya menguraikan ada 57 sekolah dasar (SD) dari 141 sekolah atau 40,43 persen yang telah menerima Chromebook dari pengadaan TIK. Kemudian ada 37 sekolah menengah pertama (SMP) atau 58,73 persen dari 63 sekolah menerima Chromebook.

Baca Juga :  Pemkab Bulungan Hibahkan 1 Unit Mobil Jenazah untuk Masjid Kasimuddin Tanjung Palas

“Untuk peralatan laboratorium IPA, Fisika dan Biologi SMP sampai tahun 2022 telah tercapai 70 persen. Khusus 2022 tercatat Rp 854 juta dari DAK untuk pengadaan peralatan Laboratorium IPA, Fisika dan Biologi untuk 19 SMP negeri dan swasta di Bulungan,” sebut Syarwani. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *