Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim 0907/Tarakan Dorong Kelompok Tani Majukan Pertanian

benuanta.co.id, TARAKAN – Sebagai bentuk atensi Kodim 0907/Tarakan terhadap ketahanan pangan Kota Tarakan, pihaknya komitmen melangsungkan kolaborasi ketahanan pangan. Selain mendampingi kelompok tani bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tarakan, Kodim 0907/Tarakan juga berencana menganggarkan hal tersebut.

Progres pembukaan lahan, telah diawali dengan tujuan dan tekad yang berkesinambungan. Dandim 0907/Trk, Letkol Inf Reza Fajar Lesmana menerangkan, bersama kelompok tani, dinas pertanian dan pihak kelurahan telah membuka lahan baru untuk ketahanan pangan di wilayah Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1987 votes

“Nantinya kami bersama dinas pertanian akan mendorong semua pihak terkait, agar bisa membantu kelompok tani. Sehingga Tarakan dapat mandiri secara pangan,” katanya, usai acara pembukaan lahan pertanian di kelurahan Mamburungan, Sabtu (02/04/2022).

Baca Juga :  Dugaan Kebakaran di RSUD JSK, Polisi Simpulkan Korsleting Kipas Angin 

Selain pembukaan lahan, dandim memastikan pihaknya juga membantu memperbaiki saluran irigasi, agar dapat mengairi tempat yang akan ditanam padi ini. Sehingga hasil yang ditanam ini dapat maksimal

“Sesuai kebijakan pimpinan kami, pada saat ini kami mendapat tugas untuk kegiatan manunggal air seperti membantu masyarakat dalam penyiapan air bersih, membuat drainase, maupun pembuatan irigasi,” ungkap Dandim.

Langkah-langkah ini diuraikan Reza, sebagai harapan mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan bagi bumi Paguntaka. Khusus di daerah Mamburungan ini, Kodim 0907/Tarakan bisa membuka lahan baru hingga 10 hektare.

Baca Juga :  Terdakwa Tipikor Pembangunan Rumah Kuliner Kotaku Dituntut Pidana 2,6 Tahun

Bahkan nantinya juga akan membuka lahan baru di kelurahan lain seperti di Kelurahan Kampung Enam, Juata, dan Mamburungan Timur.

“Harapan saya, kita jangan lagi mendatangkan bahan pangan dari daerah lain. Saya inginnya Tarakan bisa mapan paling tidak meminimalisir ketergantungan pangan dari daerah lain,” ucapnya.

Ia pun menilai terkait bantuan bibit dan pupuk bagi kelompok tani, Kodim 0907/Trk berencana akan memasukkan dalam salah satu program di bidang teritorial.

“Bisa kita sinergikan dengan pemerintah daerah, juga kami sendiri akan mencoba menganggarkan bantuan bibit dan pupuk ini di bidang teritorial sifatnya membantu kelompok tani,” terangnya.

Ia memastikan, dari proses tanam dan panen, pihaknya akan terus mendampingi kelompok tani agar hasilnya baik.”Tidak hanya itu, kami juga akan mendorong agar hasil panen dapat di pasarkan secara jelas, sehingga apa yang di hasilkan bermanfaat,” sebutnya.

Baca Juga :  Tak Bisa Pasang PJU di Depan Landasan, Pemkot Usahakan Cari Jalan Keluar 

Sementara itu, Koordinator Penyuluh, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tarakan, Hari Suyanto menjelaskan program ini sebetulnya telah bergulir lama. Pihaknya sangat berterimakasih atas kolaborasinya dengan Kodim dalam melakukan ketahanan pangan.

“Kendala yang dihadapi kelompok tani secara berangsur-angsur kita carikan solusinya. Misal sebelumnya kelompok tani masih menggunakan cangkul saat membuka lahan, sekarang sudah di bantu dengan hand tractor atau qultifator,” pungkasnya.(*) 

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *