BMKG: Kaltara Berpotensi Hujan Setiap Malam

benuanta.co.id, TARAKAN -Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan memberikan peringatan dini atas prakiraan cuaca yakni hujan yang diprediksi terjadi sejak malam hingga dini hari, Senin (28/3/2022).

Prakirawan BMKG Tarakan, Raa’ina Farah Nur Annisa mengatakan berdasarkan prediksi BMKG, Kota Tarakan berpotensi hujan pada malam hari.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1988 votes

“Prediksi terjadi hujan lebat pada pagi pukul 20.00 WITA, hujan ringan pukul 23.00 WITA, hujan disertai petir pukul 02.00 WITA, hujan ringan pukul 05.00 WITA,” ungkap Prakirawan BMKG Tarakan itu.

Baca Juga :  Usulan CASN Pemprov Kaltara Disetujui 

Pun demikian, prakiraan cuaca BMKG menunjukkan terjadinya hujan hujan ringan pada pagi hari pukul 08.00 WITA.

Kondisi cuaca tersebut diprakirakan terjadi hingga Selasa (29/3/2022). “Saat pagi hari prakiraan cuaca yaitu hujan ringan pukul 08.00 WITA,” tambahnya.

Prediksi cuaca tersebut ditujukan untuk semua kecamatan di Kota Tarakan yakni Tarakan Utara, Tarakan Timur, Tarakan Tengah dan Tarakan Barat.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

Sementara itu, Prakirawan BMKG Tarakan, Totok Dwi Sucahyanto menyebut hal tersebut merupakan efek dari fenomena alam dari Laut Cina Selatan, hingga berdampak pada cuaca di Kaltara. BMKG memprediksi terdapat potensi hujan pada malam hari selama beberapa waktu.

“Saat ini di perairan laut Cina Selatan ada aliran angin yang terkumpul dan dibelokkan menuju ke tenggara. Potensi membawa masa udara basah ke Kaltara,” ujar Totok.

Baca Juga :  Sosek Malindo Bertujuan Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Wilayah Perbatasan

Kemudian, ia menguraikan bahwa belokan angin tersebut sangat menguatkan terjadinya hujan di wilayah Kaltara. (*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *