HPN 2022, Wali Kota Tarakan Harapkan Insan Pers Lebih Berkualitas

benuanta.co.id, TARAKAN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tarakan memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Lubung Pemkot Tarakan, Rabu, 9 Februari 2022. Genap usia pers 76 tahun. Artinya usia yang cukup matang dalam mengawal pembangunan negeri. Tentunya kesejahteraan menjadi salah satu harapan insan pers di Indonesia.

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes berharap kepada insan pers agar semakin baik dan berkualitas dalam menyajikan informasi untuk dikonsumsi masyarakat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2128 votes

“Tentu juga harapan kami kehidupan wartawan semakin sejahtera, mudah-mudahan bisa lahir insan pers seperti Dahlan Iskan dan lain-lain, yang saya kira dia imbang antara profesinya dan juga kehidupan,” ungkap Khairul dalam sambutannya di hadapan tamu undangan HPN.

Baca Juga :  Nekat! Pria Ini Rampok Hp di Indekos Putri, Berakhir Diciduk Polisi

Sebagai salah satu pilar demokrasi ia juga mengatakan bahwa insan pers sangat berperan besar dalam kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pers bekerja sama dengan bangsa dan negara untuk mempercepat kemerdekaan dan juga melawan propaganda dari penjajah pada saat itu,” katanya.

Khairul yang juga sebagai Dewan Penasihat PWI Tarakan ini juga menuturkan, pers haruslah menjadi pers perjuangan yang memberikan informasi yang konstruktif untuk pemerintah.

“Agar pemerintah, negara juga semakin ke depan semakin baik, kehidupan berbangsa semakin baik juga, untuk insan pers agar dapat memanfaatkan kemerdekaan pers ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Tarakan, Andi Muhammad Rizal menegaskan untuk insan pers agar bisa terus menjadi kontrol sosial yang dapat membantu pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga :  Museum Flora dan Fauna Rumah Boendar Tarakan Bakal Dialihfungsikan

“Kita mencari data dan fakta kemudian diberitakan. Tentu harapannya ketika kegiatan pers bisa lebih merdeka maka fungsi kontrol bisa lebih berjalan, contoh jalanan rusak ini tugas pers memberitakan bagaimana jalanan itu bisa diperbaiki,” tegasnya.

“Termasuk pembangunan, edukasi kepada masyarakat, kesehatan juga, dapat kita lihat disituasi Pandemi, insan pers selalu memberitakan prokes jangan pernah kendor,” tambahnya.

Jurnalis RRI Tarakan tersebut juga berharap untuk seluruh insan pers agar selalu mendapatkan tempat terbaik di hati pemerintah dan masyarakat.

Ia juga menghimbau kepada pemerintah dan masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan oknum yang mengatasnamakan wartawan. Karena sejatinya, dewan pers saat ini tengah menggebu-gebu untuk melakukan verifikasi faktual media dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Banyak sekali bermunculan wartawan-wartawan yang bermodalkan id card, masyarakat harus jeli dan cerdas bahwa bisa melakukan penyaringan,” pungkasnya.

Baca Juga :  FKUB Muda Tolak Penyebaran Hoaks dan Politik Uang

Ketua Panitia HPN 2022 dari PWI Kota Tarakan, Ramli menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah turut menyukseskan kegiatan tahunan tersebut.

“Kita mengapresiasi semua pihak yang ikut mendukung kegiatan HPN 2022 baik secara moril dan materiil, dengan bersinergi cita-cita dalam pembangunan negeri ini optimis bisa tercapai. Kepada semua panitia dari PWI Tarakan, kekompakan membuat kegiatan ini lancar dan sukses sesuai harapan,” jelasnya.

Acara puncak harapan HPN ini, PWI Tarakan juga membagikan hadiah lomba menulis berita dan opini dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga khalayak umum. Kemudian kegiatan PWI Peduli, membantu wartawan yang tergolong veteran di Tarakan. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *