Sambut Pemilu Serentak 2024, KPU Bulungan Lakukan Sosialisasi dan Koordinasi

benuanta.co.id, BULUNGAN – Meskipun Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak masih 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan sudah memulai sosialisasi dan koordinasi untuk persiapan pemilu serentak 2024.

Ketua KPU Kabupaten Bulungan, Lili Suryani, menjelaskan saat ini KPU Kabupaten Bulungan hanya melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan instansi terkait. Sedangkan untuk tahapan lainnya masih menunggu dari KPU RI.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1995 votes

Dia menambahkan, KPU Republik Indonesia (RI) masih menyusun regulasi yang nanti akan diturunkan kepada KPU di masing-masing kabupaten.

Baca Juga :  FKWT dan FKPT Tarakan Sepakat Usung Hj Maryam ke Pilwali Tarakan 

“Saat ini kami hanya melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan instansi terkait, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk mempersiapkan data pemilih, kepolisian, DPRD dan instansi lainnya,” jelas Lili Suryani kepada benuanta.co.id, Selasa (8/2/2022).

Selain mempersiapkan daftar pemilih, perubahan jumlah penduduk, serta persiapan untuk proses penyusunan Daftar Pemilihan (Dapil). Koordinasi ini juga untuk merangkul lebih awal, sehingga proses pemilihan yang akan dilakukan serentak tersebut bisa lebih lancar.

Baca Juga :  Ambil Formulir, Relawan Hendrik Datangi Markas PDIP

“Salah satu tujuan koordinasi yang kami lakukan itu agar bisa merangkul instansi terkait lebih awal. Sehingga program-program yang ada bisa kita lakukan bersama. Misalnya KPU Bulungan kan punya podcast, jadi nanti bisa mengundang Disdukcapil untuk menyampaikan sesuatu untuk masyarakat yang belum punya KTP,” ujar Lili.

KPU Kabupaten Bulungan saat ini juga melakukan evaluasi terhadap kelemahan-kelemahan sebelumnya dan sumber daya yang ada demi mempersiapkan Pemilu Serentak 2024.

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara

“Saat ini juga kami terus melakukan evaluasi terhadap kelemahan-kelemahan kami yang kemarin, selain untuk mencari solusi, juga, saat tahapan sudah masuk kita sudah siap,” pungkasnya. (*)

Reporter : Herdiyanto

Editor : Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *