Kapolres Malinau Ingin Tokoh Adat dan Pemuka Agama Ikut Ambil Bagian

benuanta.co.id, Malinau – Perkuat pengamanan dalam wilayah hukum Polres Malinau, Kapolres Malinau AKBP Reza Pahlevi SIK melaksanakan kegiatan Coffee Morning bersama para tokoh adat, tokoh masyarakat hingga para pemuka agama yang ada di Kabupaten Malinau, Jumat 04 Januari 2022.

Selain untuk menjalin silaturahim dan memperkuat hubungan, kegiatan Coffee Morning ini juga bertujuan untuk memperkuat keamanan yang ada di Wilayah hukum Polres Malinau.

Kapolres Malinau mengatakan, sebagai tindak pencegahan adanya potensi gangguan Kamtibmas, Polres Malinau juga membutuhkan adanya pengawalan dari sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat hingga pemuka agama. Yang berperan langsung sebagai pengontrol kegiatan masyarakat.

“Tujuan kegiatan ini adalah menjalin silaturahmi bersama seluruh elemen masyarakat terkait potensi konflik sosial, misalnya sara, agama, suku dan sebagainya termasuk permasalahan-permasalahan sosial lainya,” kata Kapolres.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Malinau juga berharap kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat dan para pemuka agama. Agar nantinya dapat ikut ambil andil dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada didalam masyarakat, sehingga tidak berkembang menjadi konflik komunal.

“Walaupun masyarakat disini mayoritas non muslim, namun suku atau agama yang lain turut juga berperan serta menjaga kerukunan, menjaga kekondusifan keamanan di Kabupaten Malinau, semoga setiap permasalahan dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat dari kelompok-kelompok ataupun ketua-ketua yang dituakan di Malinau ini,” pungkasnya.

Ke depannya Kapolres juga ingin adanya kegiatan bersama dengan para tokoh adat, tokoh masyarakat dan pemuka agama dalam memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat. Yang dimana hal itu diharapkan dapat menciptakan keamanan Kamtibmas.

“Penyuluhan hukum pidana, hukum adat itu semua harus dipahami oleh masyarakat. Agar dapat menimbulkan efek pembelajaran dari masyarakat sebelum bertindak kriminal,” tutupnya.(*) 

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
877 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *