Semarak HPN 2022, PWI Tarakan Masuk Sekolah dan Kampus hingga Gelar Lomba Menulis

benuanta.co.id, TARAKAN – Hari Pers Nasional (HPN) 2022 dimeriahkan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tarakan dengan menggelar serangkaian kegiatan hingga hari puncak HPN pada 9 Februari 2022 nanti di Kota Tarakan.

Ketua Panitia HPN 2022 PWI Kota Tarakan, Ramli, S.Pd mengatakan, rangkaian kegiatan HPN 2022 diawali dengan kegiatan Roadshow dan audiensi ke sejumlah instansi dan lembaga di Kota Tarakan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1997 votes

“Kita beraudiensi ke sejumlah instansi lembaga ini untuk bersilaturahmi, memperkenalkan tentang PWI dan bersinergi dalam bersama-sama membangun Kota Tarakan,” jelasnya, Ahad (30/1/2022).

Selain kegiatan roadshow, PWI Kota Tarakan juga mengagendakan kegiatan PWI Goes to School dan Campus sejak tanggal 24-29 Januari 2022.

“Ada sejumlah sekolah dan kampus yang PWI Kota Tarakan kunjungi, tujuannya memperkenalkan PWI, memperkenalkan tentang wartawan, kita memberikan materi singkat tentang dasar-dasar menulis berita, dengan harapan pelajar dan mahasiswa memahami fungsi pers, cara kerjanya, dan organisasi yang menaungi para wartawan di Indonesia termasuk di Kota Tarakan. PWI adalah organisasi dari pusat memiliki turunan hingga di daerah,” terangnya.

Baca Juga :  Libur Lebaran 2024 Telah Usai, Pj Wali Kota Sidak Pegawai Pemkot di Hari Pertama Kerja

Ramli menambahkan, kegiatan PWI Goes to School dan Campus, PWI Kota Tarakan turut mensosialisasikan kegiatan lomba menulis kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Sosialisasi ini dilakukan dengan cara menyebarkan brosur lomba, kemudian membagikan brosur dalam bentuk digital ke media sosial.

“Agar semakin banyak peminat mengikuti lomba menulis PWI Kota Tarakan, kegiatan lainnya PWI Kota Tarakan menggelar lomba menulis berita bagi pelajar dan mahasiswa se Kota Tarakan dan lomba menulis opini bagi masyarakat umum, lomba ini akan dimulai pada 30 Januari 2022 hingga 5 Februari 2022,” ungkap Ramli.

Pria yang merupakan Redaktur Pelaksana (Redpel) di benuanta.co.id ini menerangkan, panitia lomba HPN akan menerima karya tulis dari peserta mulai hari ini sampai 5 Februari 2022. Selanjutnya pada tanggal 6 dan 7 Februari 2022, karya tulis peserta akan dinilai dewan juri dari eksternal PWI Kota Tarakan.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Bakal Alihkan Perawatan Taman Tugu 99 ke Bandara Juwata

“Juri ini terdiri dari para wartawan senior, kemudian terdapat juga juri dari akademisi untuk 2 kategori lomba tersebut,” kata Ramli yang juga menjabat Wakil Ketua PWI Kota Tarakan.

Lanjutnya, pada 8 Februari 2022 akan diumumkan ke pemenang sekaligus mengundang pemenang hadir pada acara puncak HPN yang akan berlangsung di ruang Lubung Pemkot Tarakan.

Tidak hanya itu, dalam rangkaian acara HPN, PWI Tarakan mengadakan kegiatan sosial yang menyambangi para wartawan senior di Kota Tarakan. Kegiatan sosial tersebut pihaknya akan membagikan seperti tali asih dari hasil donasi sesama wartawan di Kota Tarakan dan donasi pihak lain yang mendukung kegiatan HPN 2022.

Baca Juga :  Arus Mudik Lancar, Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat Selama Ops Ketupat 2024

Sebagai Ketua Panitia HPN ia menilai bahwa persiapan panitia acara sangat luar biasa. Sehingga ia optimis kegiatan tahunan tersebut berjalan lancar dan sukses. Diakhir wawancara, Ramli mengatakan harapan PWI Kota Tarakan kepada pers.

“Harapan kita semoga insan pers di Indonesia terus bersinergi bersama masyarakat dan pemerintah dalam upaya membangun negeri, mengawal jalannya roda pembangunan untuk kebaikan rakyat Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, bagi insan pers sendiri bisa menjadi pribadi berintegritas dalam menjalankan tugas mulia sebagai sosial kontrol,” tukasnya.

“Kami sadari tanpa dorongan dan partisipasi pihak lain, kegiatan ini tentu akan menemukan kendala, Alhamdulillah, panitia terus berupaya maksimal hingga acara puncak nanti, terima kasih kami haturkan kepada semua pihak yang turut membantu PWI Kota Tarakan, dengan bersinergi maka cita-cita pembangunan optimis tercapai,” pungkas Ramli. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *