oleh

Butuh Donasi, Ahmad Dirga Arafah Asal Berau Diduga Idap Tumor di RSUD dr. Jusuf SK

benuanta.co.id, TARAKAN – Seorang anak bernama Ahmad Dirga Arafah saat ini tengah berjuang untuk melawan tumor yang dideritanya. Ahmad Dirga dirawat di RSUD dr. Jusuf SK yang sebelumnya terbaring sakit seminggu di Rumah Sakit Berau.

Ibu kandung Ahmad Dirga, Sadira menjelaskan, ia dan suaminya tinggal di Tanjung Redeb, Berau. Ia berjuang melintasi laut demi kesembuhan anaknya yang diduga mengidap tumor.

“Kami waktu itu seminggu di rumah sakit di Berau terus dirujuk kesini (RSUD dr. H. Jusuf SK) sudah mau empat minggu disini dan sakitnya mulai seminggu di Berau,” jelasnya saat dihubungi tim Benuanta melalui sambungan telepon, Senin (24/1/2022).

Sadira menceritakan awal mula rujukan anaknya yang langsung di operasi untuk buang cairan.

Baca Juga :  Berantas Narkoba, BNNP Kaltara dan Lapas Tarakan Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

“Operasi pertama dia buang cairan karena bilangnya (dokter) cairan aja keliatan, sudah di CT-Scan semua tidak kelihatan, jadi dokter sarankan bedah. Kemudian dibedah ternyata ada tumor dan tumornya sudah besar,” paparnya.

Tumor yang diidap Dirga belum diangkat lantaran menempel pada ususnya.

“Pas dibuka pun dia pendarahan, dokter takut kan pendarahan nanti berakibat ke nyawa,” tuturnya.

“Dokter menyarankan kemoterapi tapi tidak ada disini, atau opsinya obat herbal, jadi kalau kemo disarankan ke Balikpapan,” sambung Sadira.

Saat ini, orang tua Dirga mencoba opsi dari dokter yakni memberikan obat herbal ke anaknya. Sadira melanjutkan, ia khawatir akan kondisi anaknya yang kesakitan dan sudah mulai merasa tulangnya sakit semua.

Saat ini Dirga juga membutuhkan bantuan dana. Mengingat keluarga ini bukan berasal dari Tarakan dan Dirga butuh obat-obatan untuk menunjang hidupnya.

Baca Juga :  Mortir Daya Ledak Radius 5000 Meter Ditemukan di Juata Kerikil

“Iya (butuh dana), kalau kami di rumah sakit ini pakai BPJS, cuma kalau ada obat yang mau dibeli kadang pakai uang bantuan gitu atau uang sendiri, karena banyak juga kebutuhan pengeluaran kayak pempersnya dia, obat-obatan, herbal juga,” ucapnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Plt Direktur Utama RSUD dr. H. Jusuf SK, dr. Franky Sientoro, Sp. A membenarkan bahwa Dirga adalah pasiennya yang saat ini masih menunggu hasil Patalogi Anatomi (PA).

“Iya tahu, itu pasien saya. Saat ini masih menunggu hasil PA nya, tanggal 31 Januari jadi. Tapi, harus dipastikan apa itu ganas atau tidak, dan kemungkinan harus dirujuk,” tuturnya.

Baca Juga :  Meninggal Mendadak di Tempat Kerja, Ahli Waris dari Nelayan Ini Dapat Santunan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan

Rujukan ini akan diteruskan ke Rumah Sakit di luar daerah yang memiliki kemoterapi. Spesialis anak ini menerangkan, bahwa di RSUD dr. Jusuf SK sebenarnya memiliki ahli kemo, namun karena belum di akreditasi layanan kemoterapi ini masih belum bisa berjalan.

“Kondisi Dirga ya tentu berbahaya apalagi kalau ini tumor yang ganas ya dan memang kondisinya agak berat,” kata Franky.

Demi membantu Dirga melawan rasa sakitnya, mari kita ulurkan tangan untuk dapat meringankan beban orang tua Dirga. Donasi dapat disalurkan langsung ke rekening ayah Dirga BNI 0326911628 atas nama Abdul Wahid, atau dapat menghubungi 0853-4817-6421-ayah Dirga. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Klik Link Video di Bawah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

nine + ten =