Karhutla di Binalatung, Petugas Masih Lakukan Pemadaman

benuanta.co.id, TARAKAN – Kebakaran menyasar sebuah area perkebunan tak jauh dari PT Manhattan Kalimantan Investment (MKI) di Jalan Binalatung, Kelurahan Pantai Amal, Senin, 24 Januari 2022 malam.

Api diperkirakan mulai membakar lahan tersebut sekira pukul 18.00 Wita dan saat ini sedang dilangsungkan pemadaman oleh petugas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tarakan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1581 votes

“Iya benar terjadi kebakaran lahan di sekitar Binalatung. Saat ini anggota masih memadamkan di lokasi,” terang salah satu Polisi Kehutanan (Polhut) KPH Tarakan kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  IMI Kaltara Pilih Jatim Sebagai TC Atlet Sebelum Laga PON XXI Aceh-Sumut

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PMK) Kota Tarakan, Eko Santoso menyampaikan pihaknya telah siaga mencegah menjalarnya api ke kawasan lain di lokasi tersebut.

“Sejak awal kejadian Karhutla tersebut, PMK telah koordinadikan dengan jajaran Polhut Dinas Kehutanan. Saat ini PMK masih terus memantau perkembangan kondisinya di lapangan. Infonya, api tadi sempat membesar tapi lokasi berada di dalam kawasan hutan dan juga masih jauh dari lokasi permukiman warga,” ujar Eko Santoso.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

Hingga berita ini diterbitkan, personil dan unit armada PMK masih disiagakan di Mako PMK Kampung 1. PMK pun menunggu informasi terbaru dari Polhut dan BPBD yang berada di TKP. Sedangkan penyebab kebakaran juga masih belum diketahui secara pasti dari petugas.

“Petugas Polhut sudah berada di TKP untuk proses pemadaman. PMK tetap siaga, apalagi bila kondisi semakin mengancam permukinan dan keselamatan jiwa manusia. Armada Supplay Truck telah kami siagakan bila sewaktu-waktu dibutuhkan permintaan bantuan untuk mencukupi kebutuhan air baku di TKP,” tutup Eko. (*)

Baca Juga :  Ini Saran Ombudsman Koreksi Layanan Mudik di Pelabuhan Malundung Tarakan

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor : Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *