oleh

Tergantung Kualitas, Harga Rumput Laut di Nunukan Kian Melonjak

benuanta.co.id, NUNUKAN –  Masyarakat di daerah pesisir Nunukan, sebagian besar bekerja sebagai penghasil rumput laut. Hingga saat ini harga rumput laut terus mengalami lonjakan harga tergantung dengan kadar kualitas dari Rp 25.500 hingga Rp 30 ribu perkilogram.

Lonjakan harga tersebut juga dirasakan Andi Mustamsu, seorang warga Kelurahan Nunukan Barat. Andi mengatakan, saat ini harga rumput laut di wilayah Kelurahan Nunukan barat mencapai harga Rp 22 ribu dan itu sangat menguntungkan para petani rumput laut maupun masyarakat yang bekerja di bidang rumput laut.

“Saya sangat senang dengan naiknya harga rumput laut saat ini, walaupun belum setara di tempat lain seperti Kelurahan Tanjung Harapan, kampung Mamolo. Saya berharap supaya pemerintah dapat membantu mempertahankan bahkan bisa lebih naik lagi dari harga saat ini,” kata Andi.

Baca Juga :  Aturan Baru: Nama E-KTP Tidak Boleh Disingkat, Dirubah Harus Berdasarkan Penetapan PN

Andi juga mengajak kepada petani rumput laut yang berada di wilayah Kelurahan Nunukan barat agar tetap menjaga kualitas rumput laut untuk bisa mendapatkan harga seperti di tempat yang lain.

Selain itu, Ketua Asosiasi Rumput Laut Mamolo Nunukan, Kamaruddin mengatakan naiknya harga rumput laut itu dilihat dari kualitas rumput lautnya, seperti di Mamolo saat ini harga Rp 25.500 hingga Rp 30 ribu perkilogram di tingkat petani.

Baca Juga :  Anggota Komisi I dan BNNK Nunukan Lakukan Sosialisasi Perda Narkoba

“Harga rumput laut sekarang di tingkat petani di mamolo, bervariasi sesuaikan dari kadar, mulai Rp 25.500 sampai Rp 30 ribu perkilogram sesuai dari kadar air,” jelas Kamaruddin kepada benuanta.co.id, Jumat (21/1/2022).

Kamaruddin berharap harga akan terus bertahan dan kualitas juga lebih semakin baik. (*)

Reporter: Darmawan
Editor: Matthew Gregori Nusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

14 − 5 =