Tips Cegah Batuk, Flu dan Demam di Musim Pancaroba

benuanta.co.id, NUNUKAN – Batuk, flu dan demam sering kali menjadi penyakit langganan ketika sudah memasuki musim pancaroba. Sebelum penyakit tersebut menyerang, lebih baik dilakukan pencegahan.

Kepala Puskesmas Nunukan Timur, dr. Eka Aprina Lestari menyampaikan penyakit ini bisa muncul bersamaan karena ekstra lendir yang diproduksi paru-paru sudah naik hingga ke tenggorokan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2004 votes

Cara mencegah batuk, flu dan demam bisa dilakukan beberapa tips. Pertama harus menjaga kesehatan dengar cara tidak stres, istirahat yang cukup minimal 8 jam perhari, perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per harinya dan menghindari makanan atau minuman yang  bisa merangsang reflek batuk seperti makanan berminyak dan minuman dingin.

Baca Juga :  Dokter Ungkap Hal Salah Kaprah soal Diabetes yang Diwariskan pada Anak

Berbeda dengan orang dewasa, pencegahan batuk terhadap anak-anak sedikit sulit. Apalagi ketika anak berada di sekolah yang tidak dikontrol dengan baik oleh orang tua.

“Tipsnya orang tua bisa mengurangi uang jajan anaknya sehingga mereka tidak sembarang membeli jajanan, atau orang tuannya bisa membekali anaknya makanan dari rumah,” kata dr. Eka Aprina Lestari, kepada benuanta.co.id, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga :  Dokter Ungkap Hal Salah Kaprah soal Diabetes yang Diwariskan pada Anak

Tanda-tanda batuk dan flu akan menyerang, biasanya seseorang akan mengalami bersin-bersin hingga nyeri di bagian tenggorokan. Jika mengalami gejala tersebut, disarankan untuk menkonsumsi air putih 2 liter per harinya, ditambah vitamin C untuk menambah daya tahan tubuh lebih baik lagi.

“Insyaallah akan teratasi, sebelum terjadinya sakit,” tandasnya. (*)

Reporter : Darmawan

Editor : Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *