oleh

Jumlah Pelanggar Lalin Meningkat, Polres Malinau Bakal Evaluasi Bertahap

benuanta.co.id, MALINAU – Selama masa pandemi Covid-19, jumlah pelangaran dan Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) di Kabupaten Malinau mengalami peningkatan.

Dari data yang dikeluarkan oleh Satlantas Polres Malinau, di tahun 2021 lalu jumlah teguran, tilang dan Laka Lantas berjumlah 1.184. Jumlah itu lebih banyak dari tahun 2020 yang hanya berjumlah kurang dari 1.000.

Kasat Lantas Polres Malinau, IPTU Angel C Pontoh mengatakan kenaikan pelangaran lalu lintas yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor.

Baca Juga :  Peringati Kenaikan Isa Al-masih, Polres Malinau Terjunkan Ratusan Personel untuk Pengamanan

Selain karena kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu-lintas, lebih ringannya penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas selama masa pandemi juga menjadi salah satu faktornya.

“Selama masa pandemi ini kan kita paham ekonomi masyarakat itu sangat jauh menurun, sehingga kita pun ingin meringankan beban masyarakat dengan tidak melakukan tindak tilang kecuali dalam kondisi berkendara yang fatal. Tapi hal ini ternyata, tidak menjadi pembebelajaran bagi semua pengendara,” kata IPTU Angel, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga :  Polres Malinau Kerahkan Puluhan Personel Bantu Warga Terdampak Banjir

IPTU Angel pun berkomitmen akan melakukan evaluasi untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, seperti rutin melakukan patroli, melakukan teguran langsung serta tindak penilangan.

“Sejak kita berlakukan hal itu ternyata menimbulkan efek jera kepada pengendara, bahkan di tahun 2021, jumlah nominal yang didapatkan negara dari tilang yang kita lakukan mencapai Rp 108 juta dan pelan-pelan kita akan evaluasi bertahap Satlantas ini,” ujarnya.

Meski hal itu banyak mendapat keluhan dari para pengendara. Namun IPTU Angel, menegaskan kalau hal itu harus dilakukan demi adanya kesadaran dalam berkendara agar tidak merugikan diri sendiri, keluarga serta orang lain.

Baca Juga :  Harumkan Kaltara, Atlet Catur dari Malinau Raih Prestasi di Kancah Internasional

“Jika pengendaranya taat aturan tentu mereka tidak perlu panik, berbeda jika sudah kelihatan mencolok melanggar,” terangnya.

“Kita juga lakukan ini demi keselamatan kita bersama, agar tingkat Laka di Malinau ini bisa menurun dan ternyata berhasil,” tutupnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor : Yogi Wibawa

Klik Link Video di Bawah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

17 − 16 =