Pemprov Adakan Seleksi Terbuka Isi 18 JPT Pratama yang Kosong

benuanta.co.id, BULUNGAN – Setelah banyaknya Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang kosong di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) dan hanya diisi oleh pelaksana tugas, bulan ini akan diadakan proses seleksi terbuka (Selter).

Gubernur Kaltara Drs Zainal Arifin Paliwang mengatakan pengumuman dan penerimaan berkas dibuka mulai hari ini, Rabu 19 Januari 2022.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2001 votes

“Saya menyampaikan mengenai seleksi terbuka JPT Pratama dalam lingkup Pemprov Kaltara dimulai hari ini. Ini seleksi secara selektif sesuai dengan tuntutan peraturan perundang-undangan,” ucap Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang kepada benuanta.co.id.

Dia mengatakan selter yang akan mengisi 18 jabatan yang kosong itu berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2017.

Baca Juga :  Persetujuan Pembentukan Pengadilan PHI dan Tipikor Kaltara Agustus Ini?

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah dan memperhatikan surat edaran Menteri PAN-RB Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah dalam kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat Provinsi Kaltara.

Serta surat edaran Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B.178/KASN/I/2022 tanggal 14 Januari 2022 rekomendasi rencana seleksi terbuka pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah mewujudkan Aparatur yang semakin sejahtera, mandiri, unggul dan profesional.

Baca Juga :  Alat Tangkap Mini Trawl, DKP Kaltara: Sesuaikan Zona Penangkapan

“Hal ini Pemerintah Provinsi Kaltara membuka diri dan juga memberikan kesempatan kepada pejabat dari kabupaten dan kota se Provinsi Kaltara yang mempunyai kompetensi dan komitmen untuk bergabung dan memperkuat jajaran Pemprov Kaltara. Tentunya kesempatan ini juga bisa diikuti oleh calon dari provinsi lain,” jelasnya.

Dirinya pun berkeyakinan bahwa melalui seleksi terbuka ini dapat menghasilkan yang terbaik diantara yang terbaik. Kata dia, untuk mencari orang yang betul-betul punya kompetensi dan kemampuan, pihaknya harus melakukan dengan seleksi terbuka.

“Tidak bisa main menunjuk saja, harus seleksi terbuka. Disitulah kita melihat siapa yang punya kemampuan dan memiliki niat untuk bekerja, bersama-sama dengan saya membangun Kaltara ini,” ujar mantan Wakapolda Kaltara ini.

Adapun 18 jabatan yang lowong itu diantaranya ada 7 jabatan dalam lingkup Sekretariat Daerah yaitu Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Kepala Biro Organisasi, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Kepala Biro Umum dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan. Selanjutnya 2 jabatan pada SKPD yaitu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kepala Badan Pendapatan Daerah.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

“Sedangkan pada SKPD dinas yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kawasan Pemukiman, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Dan masing-masing 1 jabatan untuk Inspektorat dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *