oleh

Begini Jenis dan Tipe Patok di Perbatasan Indonesia-Malaysia

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kabupaten Nunukan merupakan wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia bagian Utara yang dipenuhi dengan 6.849 Patok. Ternyata patok memiliki masing-masing tipe, mulai dari tipe A, tipe B, tipe C hingga tipe D.

Sebagian masyarakat awam tentunya belum mengetahui fungsi patok perbatasan dan macam-macam tipenya. Berikut jenis patok perbatasan Indonesia – Malaysia.

Patok tipe A memiliki jarak 300 Kilometer (km) dengan ketinggian 130 cm dan lebarnya 50 cm. Untuk tipe B yang hanya memiliki jarak 50 km, untuk ketinggian 45,72 Cm dengan lebar 22,86 cm. Sedangkan tipe C jaraknya 5 km dengan ketinggian 30,48 cm, dengan lebar 10,16 cm. terakhir patok tipe D jarak 100 m, tinggi 15,24 cm dan lebar hanya 10,16 cm.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Hewan Ternak di Nunukan Dipastikan Aman PMK

Jadi jika dilihat dari tipe A Itu patok lebih besar dan tinggi, sedangkan B di bawah tipe A dan begitu juga untuk tipe lainnya.

Sebanyak 6.849 patok wilayah Kabupaten Nunukan, dengan rincian jumlah patok tipe A sebanyak 4 patok, tipe B sebanyak 17 patok, tipe C sebanyak 138 patok dan tipe D sebanyak 6.539 patok.

Bagi masyarakat yang ingin melihat jenis patok perbatasan antara Indonesia dan Malaysia diperbolehkan berkunjung ke Pamtas Yonarmed 18 Kostrad di Makotis Satgas di Jalan Fatahilah, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan.

Baca Juga :  2 Rumah Terkena Longsor di Nunukan, BPDP Antisipasi Bencana Susulan

Dijelaskan Lettu Ctp Hartoyo, Patop Satgas Pamtas RI MLY Yon Armed 18/Komposit, warga yang belum tahu bisa datang Makotis Satgas nantinya akan diberitahu seperti apa bentuk patok yang ada di perbatasan baik itu type A, B, C dan D.

“Jika tidak bisa Selfie di patok sebenarnya, di sini juga bisa dan ini sama persis patok yang ada di perbatasan,” kata Hartoyo, Rabu (19/1/2022). (*)

Baca Juga :  Akhir Pekan Tetap Produktif Mencari Cuan 

Reporter: Darmawan

Editor: Matthew Gregori Nusa

Klik Link Video di Bawah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

five × 2 =