oleh

Bawa Sabu 100 Gram, WNA asal Malaysia Ditangkap di Nunukan 

benuanta.co.id, NUNUKAN –  Seorang Warga Negara Asing (WNA) mencoba menyelundupkan narkotika jenis sabu-sabu ke Pare Pare, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Diketahui WNA tersebut berinisial R (23) yang saat itu ditangkap di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan bersama barang bukti dua buah pot bunga berisi 2 bungkus narkotika jenis sabu seberat 100.04 gram.

Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto melalui Kasat Resnarkoba Polres Nunukan, IPTU Lusgi Simanungkalit mengatakan penangkapan ini pada saat R naik kapal swasta yakni KM. Cattleya Express yang sedang berlabuh di dermaga Pelabuhan Tunon Taka dengan tujuan Nunukan-Pare Pare, Sulsel.

Baca Juga :  KPAI Kecam Pelecehan Seksual Oknum TNI, Tekankan Ancaman Pidana

Saat itu Personel Opsnal Sat Resnarkoba telah mendapati informasi terkait adanya seorang pemuda WNA dari Tawau Malaysia membawa sabu dan menaiki kapal Suwasta.

Dari informasi itulah dilakukan penyelidikan di sekitar Pelabuhan Tunon Taka Nunukan dan didalam KM. Cattleya Express.

“Kami temukan orang itu dan langsung dilakukan penggeledahan badan serta barang bawaannya. Kami dapat dua bungkus plastik warna transparan ukuran sedang yang diduga berisi narkotika,” kata Lusgi, Ahad (16/1/2022).

Sabu tersebut disimpan di dalam dua buah pot berisi tanaman bunga dengan cara dibungkus menggunakan lakban warna coklat, dilapisi kertas warna coklat dan dimasukan ke dalam kantong plastik warna merah muda. Kemudian disimpan di tumpukan tanah yang berada di dalam Pot Bunga tersebut.

Baca Juga :  DP3A: Peran Orang Tua Sangat Penting Cegah Kasus Pelecehan Anak

“Kami lakukan interogasi ternyata pemilik sabu itu adalah seorang laki-laki yang berinisial J  yang saat Ini termasuk dalam daftar pencarian orang (DPO) yang tinggal di Jalan Marotai Besar Tawau Sabah, Malaysia,” jelasnya.

Sedangkan sabu tersebut akan dibawa ke Pare-pare, Sulsel yang nantinya akan diserahkan kepada seorang laki-laki yang belum diketahui namanya.

Atas perbuatannya WNA ini akan dikenakan Pasal 114 ayat (2) Subsider pasal 112 ayat (2) UU RI No. 35 Tahun. 2009 ttg Narkotika. “Saat ini barang bukti dan tersangka kami amankan di Mako polres Nunukan,” ujarnya.

Baca Juga :  Jubir: siapa Pun yang Tahu Keberadaan Harun Masiku Segera Lapor KPK

Barang bukti :

– 2 bungkus plastik warna transparan berisi sabu sebanyak 100,14 gram.

– 2 buah Pot Bunga warna coklat muda dan warna kuning.

– Gulungan Lakban Warna Coklat.

– Potongan kertas warna Coklat.

– Plastik warna Transparan.

– 1  buah Plastik Warna merah muda.

– 1  buah Kotak kardus kecil

– Tiket Kapal KM. CATTLEYA EXPRESS.

– 1  buah Handphone warna Silver merk iPhone 6. (*) 

Reporter: Darmawan

Editor: Matthew Gregori Nusa

Klik Link Video di Bawah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

6 + 1 =