Jemaah Umrah Asal Tarakan Diwacanakan Siap Berangkat Awal Tahun Ini

benuanta.co.id, TARAKAN – Sekitar 800 jemaah umrah asal Tarakan dipastikan bakal berangkat umrah ke Arab Saudi secara terpusat melalui Asrama Haji Jakarta.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan, H.M. Shaberah, S.Ag, dalam hal itu menyatakan Pemerintah Arab Saudi telah membuka kedatangan jemaah umrah Indonesia pada awal tahun 2022.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1567 votes

“Jadi keberangkatan umrah diawali sejak tanggal 8 Januari 2022 dengan sebanyak 419 orang yang jemaah asal Indonesia telah berangkat,” terang H.M. Shaberah. S.Ag, pada Jumat, 14 Januari 2022.

Baca Juga :  Jalin Ukhuwah Islamiyah, Komunitas Asik akan Gelar Baksos

Menunaikan ibadah dengan memperhatikan protokol kesehatan, Kemenag tentu mengedepankan protokol kesehatan sebagai salah satu syarat umrah tersebut.

“Sekarang lebih terkoordinir, semua jemaah umrah harus berkumpul di Asrama Haji di Jakarta. Mereka di screening kesehatan, pengecekan vaksin jadi yang bisa berangkat ya yang telah lolos screening,” tambahnya.

Lalu kemudian dijelaskannya, setiap jemaah umrah wajib mengisi data aplikasi Siskopatuh sehingga data dan jejak jemaah dapat terpantau oleh Kemenag.

Baca Juga :  IMI Kaltara Pilih Jatim Sebagai TC Atlet Sebelum Laga PON XXI Aceh-Sumut

Pihaknya sangat bersyukur, jemaah umroh yang tertahan selama 2 tahun ini, telah diizinkan berangkat namun harus memenuhi syarat pemeriksaan kesehatan.

“Yang penting sih jemaah lolos screening atau sudah divaksin. Kalau mereka tidak vaksin kan tidak bisa bepergian kemana-mana. Arab Saudi hanya menerima syarat jenis vaksin Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Johnson,” ucap Kepala Kantor Kemenag Tarakan.

Kemenag Tarakan memastikan jemaah umrah asal Bumi Paguntaka itu akan mengikuti kloter 4 keberangkatan dari berbagai travel se tanah air. Lalu katanya, jemaah umrah itu akan berkumpul di Asrama Haji terlebih dahulu dan melanjutkan perjalanan udara melalui Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

“Travel umroh asal Indonesia wajib memilih paket yang ditentukan oleh Arab Saudi seperti akomodasi dan transportasi lokalnya. Jadi kalau sudah berangkat umroh, sudah aman tinggal mengikuti arahan Pemerintah Arab Saudi,” tutupnya. (*) 

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *