oleh

Tarif Murah dan Durasi Singkat Angkutan Perintis Diharapkan Tarik Minat Masyarakat

benuanta.co.id, TARAKAN – Mengatasi persoalan logistik sekaligus meningkatkan konektivitas di wilayah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan (3TP). Angkutan perintis di Kalimantan Utara (Kaltara) kian ditingkatkan tahun 2022 ini.

Kepala Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan, Agus Priyanto menerangkan terdapat 16 rute penumpang dan 5 rute kargo dalam angkutan perintis di tahun 2022 ini.

“Untuk angkutan kargo yakni dari Tarakan ke Long Bawan, Long Ampung, Binuang, Long Sule dan Long Layu,” terangnya, Sabtu (15/1/2022).

Harga tiket penerbangan perintis ini juga diketahui relatif terjangkau.

Baca Juga :  Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu, KPU Tarakan Tunggu PKPU

“Kisaran harga Rp 300 ribu hingga Rp 450 ribu sangat murah. Sebagai contoh rute Tarakan ke Maratua yang hanya Rp 340 ribu untuk sekali perjalanan sangat murah,” katanya.

“Durasi perjalanannya juga yang singkat tentu sangat menjanjikan. Harapan kami dengan tarif murah ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat,” sambungnya.

Hal ini juga berlaku untuk arus balik angkutan kargo. Agus menargetkan pemenuhan minimal, sehingga bisa meningkatkan nilai jual barang atau komoditas daerah untuk dijual di Kota Tarakan.

Baca Juga :  Rumah Pegawai Dishut Ludes Dilahap Api, Begini Kronologisnya

“Misalnya bisa dari Long Ampung, bisa memanfaatkan kargo balik untuk membawa jeruk Long Ampung yang enak misalnya. Atau masyarakat Long Bawan bisa membawa beras Long Bawan ke Tarakan untuk dijual tentunya dengan memanfaatkan angkutan balik kargo tersebut,” harapnya.

Kendati begitu, ia berharap ke depan seluruh kalangan masyarakat dapat mempromosikan penerbangan perintis agar bisa menggiatkan pergerakan masyarakat dan membantu upaya kesejahteraan masyarakat. (*)

Sekadar informasi rute penerbangan melalui pesawat perintis di antaranya :

Baca Juga :  Satu Motor Scoopy Raib Akibat Kelalaian Pemilik Lupa Cabut Kuncinya

1. Rute Tarakan : Tarakan – Long Bawan PP dan Tarakan – Maratua PP

2. Rute Malinau :

Malinau – Long Bawan PP, Malinau – Long Pujungan PP, Malinau – Mahak

Baru PP, Malinau – Data Dian PP dan sebagainya.

3. Rute Nunukan :

Nunukan – Long Bawan PP, Nunukan – Binuang PP, Nunukan – Long Lay.

Reporter : Endah Agustina

Editor : Yogi Wibawa

Klik Link Video di Bawah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 × 3 =