oleh

Masih Banyak Masyarakat Sepelekan Akta Kematian

benuanta.co.id, NUNUKAN – Meski akta kematian menjadi salah satu syarat penting ketika mengurus keperluan admistrasi hingga hak waris. Namun masih banyak masyarakat belum mengurus akta kematian.

Kepala Disdukcapil Nunukan Akhmad, mengatakan pihaknya mengalami kesulitan terhadap masih banyak masyarakat yang tidak peduli terkait dokumen kependudukan salah satu seperti akta kematian dan akta kelahiran.

Baca Juga :  3 Pilihan Skenario Keberangkatan Haji Tahun Ini, Ibadah Umrah Jadi Cerminan

“Kami mengajak kepada masyarakat agar pro aktif dalam kepengurusan akte kelahiran dan kematian,” kata Akhmad, Jumat (14/1/2022).

Dia menjelaskan, keluarga harus pro aktif, untuk mengurus akte kematian bagi keluarganya yang sudah meninggal sehingga dokumen yang ada di Disdukcapil bisa valid.

“Orang yang sudah meninggal jangan sampai daftar namannya masih ada di Disdukcapil, karena tidak lapor. Jadi kami meminta kepada masyarakat, baik itu dianggap penting maupun tidak tolong diurus,” jelasnya.

Baca Juga :  Pasien di Puskesmas Nunukan Timur Didominasi Flu, Batuk dan Demam

Peran Ketua RT, Kelurahan dan Kades juga penting yang wajib membantu masyarakat jika sudah meninggal untuk segera melaporkan kepada Disdukcapil agar bisa diterbitkan akte kematiannya.(*)

Reporter : Darmawan

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *