oleh

Mulai Hari Ini Kaltara Sudah Bisa Suntik Booster

benuanta.co.id, TARAKAN – Presiden Jokowi memastikan vaksinasi booster atau dosis ketiga untuk masyarakat Indonesia diberikan gratis alias tanpa pungutan biaya. Jokowi memastikan vaksinasi booster akan dimulai pada hari Rabu, 12 Januari 2022.

“Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. karena sekali lagi keselamatan rakyat yang utama,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara seperti dikutip dari akun Youtube Setkab, Rabu (12/1/2022).

Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara melalui Juru Bicara Penanganan Covid 19 Kaltara, Agust Suwandy menjelaskan bahwa per hari ini penyuntikan booster sudah bisa dilakukan secara gratis. Namun, pihaknya masih membutuhkan rapat koordinasi bersama instansi kesehatan seperti Rumah Sakit dan Puskesmas di Kaltara mengenai pelaksanaan booster ini.

Baca Juga :  ASN dan PTT hingga Anggota DPRD Provinsi Kaltara Dapat Vaksin Dosis Ketiga¬†

“Beberapa kabupaten atau kota sudah bisa mulai, tapi kami juga harus persiapan untuk semuanya seperti logistik, jadwal dan lain-lain tapi kami persilahkan bagi yang mau memulai hari ini bisa,” jelasnya saat dihubungi oleh tim Benuanta melalui sambungan telepon.

Adapun persyaratan bagi penerima booster ialah bagi masyarakat yang memiliki rentang waktu 6 bulan dari penyuntikan dosis kedua. Serta berusia di atas 18 tahun.

Baca Juga :  Optimis, Gerindra Kaltara Pastikan Usung Kader di Pilkada dan Pileg 2024

“Kita secara khusus dropping dosis untuk booster dari pusat tidak ada tapi kita akan menggunakan stok yang ada aja dulu. Karena kebetulan stok beberapa jenis vaksin tersedia dalam jumlah yang cukup banyak,” paparnya.

Dikatakan Agust, bahwa jenis vaksin yang saat ini digunakan untuk penyuntikan booster ialah vaksin Pfizer, Moderna dan Astrazeneca.

“Kalau untuk jangka pendek kita pakai Pfizer, Moderna dan Astra. Tapi saat ini yang ready di Kaltara Pfizer dan Astra saja, kalau Moderna kita harus minta ke pusat dulu,” tutur nya.

Baca Juga :  Langgar Satu Harga, Izin Distributor dan Produsen Minyak Goreng Bakal Dicabut

“Karena mayoritas masyarakat Kaltara vaksinnya Sinovac, kita ada dua pilihan untuk booster yaitu Pfizer dan Astra tapi menggunakan dosis setengah saja,” sambungnya.

Sementara itu, pihaknya memastikan bahwa penyuntikan vaksin booster ini gratis kecuali untuk vaksin Gotong Royong.

“Yang berbayar ada, namanya vaksin gotong royong, kalau yang gratis itu vaksinasi program. Kalau ada di luar itu yang berbayar bisa diinfokan ke kami dan kami laporkan ke pusat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Matthew Gregori Nusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *