oleh

Atasi Banjir Tahunan, Begini Upaya Deddy Sitorus untuk Perbatasan

benuanta.co.id, TARAKAN – Upaya anggota DPR RI Dapil Kaltara, Deddy Yevri Hanteru Sitorus menghadirkan Menteri Sosial, Tri Rismaharini ke wilayah perbatasan RI-Malaysia merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan masyarakat akibat banjir tahunan.

Pihaknya bersama forkopimda Kaltara mendampingi Mensos Risma menyusuri kawasan yang terpendam banjir di Kecamatan Sembakung dan Lumbis, sembari mendengarkan keluh kesah masyarakat.

Baca Juga: Warga Korban Banjir Sembakung Sambut Kedatangan Mensos Risma

Pada saat itu, Mensos pun mengucurkan bantuan logistik, bantuan lumbung sosial dan perlengkapan sekolah sekitar Rp 1,07 miliar yang diterima langsung oleh Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH.,M.Hum dan Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M., Ph.D.

Baca Juga :  Kesiapan 50 Persen, PSS88 Siap 'Unjuk Gigi' di Piala Presiden

“Kunjungan saya dan ibu menteri ke Sembakung dan Lumbis Itu bagian dari upaya kita, supaya banjir yang sudah dianggap takdir oleh masyarakat dapat dicarikan solusinya. Masalah itu dapat dibawa ke tingkat pemerintah pusat oleh ibu Menteri Sosial, Tri Rismaharini dan juga saya,” terang Deddy kepada benuanta.co.id pada Senin, 10 Januari 2022.

Baca Juga :  UU IKN Nusantara Disahkan, Kaltara Harus Siap Jadi Daerah Penyangga

Politisi PDI Perjuangan itu, memastikan akan mendorong pemerintah pusat untuk berbuat sesuatu guna mencegah banjir tahunan tersebut tidak terulang kembali. Terdapat banyak usulan dari masyarakat perbatasan itu yang harus dikawal olehnya.

“Usulan masyarakat seperti membuat siring di beberapa tempat yang diperlukan di daerah bantaran sungai. Kemudian soal air bersih itu langsung disanggupi oleh ibu menteri, kemudian juga perahu, termasuk juga ibu menteri menyumbang Rp 3 miliar rupiah dalam rangka pembuatan jalan akses masyarakat,” tambah anggota DPR RI Komisi VI.

Baca Juga :  Keberangkatan Jemaah Umroh akan Melalui Satu Pintu

Menurutnya, terdapat banyak hal yang langsung diselesaikan oleh Menteri Sosial dalam kunjungannya. Hal tersebut diperoleh langsung dengan berdialog dengan masyarakat dan meninjau langsung titik-titik lokasi yang terdampak bencana tersebut.

“Kita akan kawal terus agar 2 sampai 3 tahun ke depan mudahan-mudahan ada langkah yang konkrit oleh pemerintah pusat,” tutup Deddy. (*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Matthew Gregori Nusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *