oleh

Gubernur Kaltara dan Istri Dampingi Mensos Atasi Kesulitan Masyarakat Perbatasan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH.,M.Hum beserta istri mendampingi Menteri Sosial (Mensos) menyambangi dan memberikan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Sembakung dan Lumbis Kabupaten Nunukan pada Ahad sore, 9 Januari 2022.

Kedatangannya bersama dengan rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini, anggota DPR RI Dapil Kaltara Deddy Yevri Hanteru Sitorus, Ketua TP PKK Kaltara Hj Rachmawati Zainal dan Bupati Nunukan bertujuan untuk mencarikan solusi terkait dampak banjir dan layanan terhadap masyarakat.

Baca Juga: Warga Sembakung Antusias Desanya Ditinjau Mensos Risma

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Mulai Distribusikan Vaksin Booster Covid-19

Gubernur Kaltara merespon berbagai keluh kesah masyarakat yang hadir dalam pertemuan bersama Mensos itu, dengan langkah-langkah jitu yang membantu masyarakat.

Persoalan akses jalan, sertifikat tanah, rumah tahan bencana dan tim Siaga Bencana.

“Ibu menteri akan bantu Rp 3 miliar untuk pembangunan jalan. Untuk kekurangannya nanti saya yang atas,” jelas gubernur saat mendampingi Mensos, Risma.

Selain itu, program nasional percetakan sawah  yang disampaikan tokoh masyarakat Sembakung pun juga direspon oleh orang nomor satu di Kaltara itu dengan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Baca Juga :  3 Motor Ludes Terbakar di Apotek Tanjung Selor

Demikian juga dengan langkah mengamankan masyarakat dari bahaya banjir tahunan itu, Pemprov Kaltara akan memfasilitasi penyesuaian kontruksi bangunan penduduk di bantaran sungai tersebut.

“Sebenarnya kalau ini banjir tahunan, saya lihat juga ada rumah-rumah yang sudah mempersiapkan. Mereka membuat rumah dengan tinggi 2 meter bagian rumahnya, sehingga banjir tidak masuk di rumahnya. Kita akan memberikan bantuan kepada rumah-rumah yang setiap tahun terdampak banjir, kita akan tinggikan bagian rumahnya,” tambah gubernur.

Baca Juga :  Keberangkatan Jemaah Umroh akan Melalui Satu Pintu

Kemudian, ihwal sertifikat tanah warga, Gubernur Kaltara langsung mengarahkan agar warga segera melangsungkan pendaftaran.

“Tolong bapak dan ibu silahkan mendaftar saja secara berjenjang hingga di tingkat BPN Kabupaten Nunukan. Saya sudah koordinasi dengan Kanwil Pertanahan di Samarinda kita akan membuat sekitar 2000 sertifikat tanah,” ucapnya.

Menutup sambutannya, dirinya berharap masyarakat dapat mengoptimalkan Kampung Siaga Bencana menjadi Satuan Siaga Bencana yang dapat berdampak bagi seluruh Kecamatan Sembakung. (*)

Reporter: Kristianto Triwibowo
Editor: Matthew Gregori Nusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *