Pembudidaya Rumput Laut Minta Pemkab Tetapkan Standar Kadar Air

benuanta.co.id, NUNUKAN – Demi menjaga kualitas produk rumput laut Nunukan tetap stabil, maka harus menetapkan standar kadar air minimal. Namun Pengusaha rumput laut di Nunukan menyayangkan hal tersebut belum terealisasi.

Ketua Asosiasi Pedagang Rumput Laut Kabupaten Nunukan, Kamaruddin mengatakan pihaknya  meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan agar bisa menetapkan standar kadar air rumput laut.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2127 votes

Sudah 10 tahun menjalankan untuk membuat kadar, namun tak kunjung jadi. Padahal dirinya mengaku sudah berkonsultasi kepada Dinas terkait namun tidak ada solusi yang didapatkan hingga hari ini.

Baca Juga :  Kunker ke Daratan Tinggi Krayan, Dewan Negara Malaysia Bahas Ini

“Jika kadar kita di Nunukan ini kurang bagus dan produksi rumput laut di daerah lain sudah berhasil, maka kita punya di Nunukan akan dihargai murah. Kenyataannya ini sudah selalu terjadi,” kata Kamaruddin, Selasa (4/1/2022).

Padahal kualitas rumput laut asal Nunukan merupakan yang terbesar di Kalimantan Utara (Kaltara) ini sangat bagus.

Baca Juga :  Kabar Penculikan Anak di Nunukan Hoaks

Kamaruddin yakin kapal ekspor akan bersandar di Nunukan, namun yang disayangkan belum adanya standar kadar air rumput laut di Nunukan.

Oleh karena itu dia meminta kepada Pemkab Nunukan agar mulai memikirkan adanya regulasi minimal Peraturan Bupati (Perbup) sebagai payung hukum bagi pembudidaya dan pengusaha pengepul lokal. (*) 

Reporter: Darmawan

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *