oleh

Awal Tahun 2022, Mentarang Hulu Kembali Alami Banjir

benuanta.co.id, MALINAU – Memasuki awal tahun 2022, Kabupaten Malinau kembali terkena musibah banjir. Sebelumnya wilayah yang berada di dekat perbatasan Malaysia ini juga sempat beberapa kali terimpa musibah serupa pada 2021 silam.

Berdasarkan informasi yang diterima benuanta.co.id, pada Selasa (4/1/2022) sekitar pukul 04.00 WITA, di Desa Lung Barang, Kecamatan Mentarang Hulu mengalami kebanjiran setelah meluapnya air sungai Mentarang secara tiba-tiba.

“Sudah ada firasat kalau akan banjr, karena air sungai meluap terus. Ditambah cuaca hujan deras sejak malam,” kata Sakai, salah satu warga Mentarang.

Baca Juga :  Harumkan Kaltara, Atlet Catur dari Malinau Raih Prestasi di Kancah Internasional

Dari apa yang dialaminya, Sakai menceritakan peristiwa yang sama kerap terjadi dalam beberapa tahun. Hal ini disebabkan oleh adanya kiriman luapan air yang besar dari sungai Sabah dan Nunukan. Hal tersebut ikut mempengaruhi situasi air di Sungai Mentarang.

“Kata orang-orang seperti itu dan memang kalau di daerah sebelah banjir, wilayah kita disini juga pasti ikut kena dampaknya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Polres Malinau Kerahkan Puluhan Personel Bantu Warga Terdampak Banjir

Warga lainnya, Boy (29) juga mengatakan hal yang sama, bahkan dia mengungkapkan air sungai yang meluap sempat setinggi lutut kaki orang dewasa.

“Situasi banjir memuncak saat subuh. Mau mengungsi juga bingung karena ada barang yang harus diselamatkan,” tukasnya.

Boy mengaku, lebih memilih untuk tetap berada di Desa daripada mengungsi, guna mengamankan harta benda yang ada di rumahnya.

Baca Juga :  Peringati Kenaikan Isa Al-masih, Polres Malinau Terjunkan Ratusan Personel untuk Pengamanan

“Benda elektronik tentu kita amankan di tempat yang lebih tinggi dan kita jaga agar tidak hilang. Makanya sebagian masyarakat lebih memilih tetap di rumah meski air sudah setinggi lutut kaki dewasa,” tutupnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Matthew Gregori Nusa

Klik Link Video di Bawah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

8 + 3 =