Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020 Seusai Libas Malaysia 4-1

Jakarta – Tim nasional Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B setelah melibas Malaysia dengan skor 4-1 dalam laga pamungkas fase grup di Stadion Nasional, Singapura, Minggu malam.

Gol-gol Indonesia dilesakkan oleh Irfan Jaya (dua gol), Pratama Arhan dan Elkan Baggott. Sementara Malaysia membuat skor via Kogileswaran Raj.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1548 votes

Di semifinal, Indonesia akan melawan tim peringkat kedua Grup A, Singapura. Prestasi di Piala AFF 2020 ini sekaligus memperbaiki pencapaian saat Piala AFF 2018 di mana Indonesia gagal melaju dari penyisihan grup.

Baca Juga :  IMI Kaltara Pilih Jatim Sebagai TC Atlet Sebelum Laga PON XXI Aceh-Sumut

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk tampil menyerang dan menekan Malaysia sejak menit pertama

Mengandalkan pemain menyerang seperti Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya dan Ezra Walian, Indonesia kerap kali membuat Malaysia kesulitan pada 10 menit awal. Bek Pratama Arhan bahkan sudah membuat percobaan ke gawang pada menit kedua.

Namun, justru Malaysia yang membuka skor lewat tendangan Kogileswaran Raj dari luar kotak penalti, tepatnya menit ke-13. Kogileswaran memanfaatkan kesalahan umpan yang dibuat Irfan Jaya.

Tertinggal satu gol, Indonesia yang membutuhkan setidak-tidaknya hasil imbang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020 terus menggempur pertahanan Malaysia.

Baca Juga :  Egy Pastikan Indonesia Siap Berikan yang Terbaik saat Hadapi Vietnam

Hasilnya, pada menit ke-36, Irfan Jaya membayar kekeliruan yang dibuatnya dengan melesakkan gol setelah mengonversi operan tarik Witan Sulaeman.

Irfan kembali mencatatkan namanya di papan skor tujuh menit kemudian. Gol ini berawal dari pergerakan Pratama Arhan di dalam kotak penalti Malaysia. Arhan mengirimkan umpan ke depan gawang, membentur pemain Malaysia dan bola liar disambar Irfan.

Tak ada lagi gol yang tercipta setelahnya. Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai jeda.

Usai turun minum, Shin Tae-yong memasukkan Elkan Baggott untuk menggantikan Ramai Rumakiek. Evan Dimas dan Kushedya Yudo juga beranjak dari bangku cadangan.

Lima menit setelah babak kedua dimulai, Pratama Arhan membuat gol perdananya di Piala AFF 2020 dengan sepakan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Arhan menembak usai mendapatkan operan dari Irfan Jaya.

Baca Juga :  Jay, Ragnar, dan Sananta Bawa Indonesia Berpesta 3-0 Lawan Vietnam

Indonesia kemudian mengubah skor menjadi 4-1 berkat sundulan Elkan Baggott yang meneruskan tendangan pojok Evan Dimas. Itu merupakan gol pertama Elkan untuk timnas Indonesia.

Situasi tak berubah sampai laga tuntas. Indonesia menang dengan skor 4-1.

Dari laga Grup B lainnya, pada hari yang sama, Vietnam menundukkan Kamboja dengan skor 4-0. Hasil tersebut membuat Vietnam juga melangkah ke empat besar sebagai peringkat kedua Grup B dan nantinya akan melawan juara Grup A Thailand. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *