benuanta.co.id, TARAKAN – BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaiknya kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), termasuk bagi peserta yang berada di rumah sakit melalui layanan BPJS Kesehatan Siap Membantu (BPJS SATU!).
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tarakan, Yanuar Ajie Swandhana mengungkapkan bahwa hadirnya BPJS SATU! bertujuan memudahkan peserta yang berada di rumah sakit untuk mendapatkan informasi dan menyampaikan pengaduan, sehingga peserta tidak perlu lagi datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang terdekat.
“Apabila ada peserta yang sedang berobat di rumah sakit dan membutuhkan informasi terkait Program JKN-KIS atau ingin menyampaikan pengaduannya terkait pelayanan yang didapatkan, mereka bisa langsung menemui petugas BPJS SATU!. Nanti petugas akan membantu menyampaikan informasi yang dibutuhkan dan juga langsung menyelesaikan pengaduan dari peserta tersebut di rumah sakit,” terang Ajie.
Lebih lanjut Ajie menjelaskan, petugas BPJS SATU! juga akan melakukan kunjungan ataupun customer visit ke pasien peserta JKN-KIS, baik rawat inap maupun rawat jalan. Agar peserta JKN-KIS mudah mengenali petugas BPJS SATU!, mereka menggunakan rompi khusus berwarna kuning yang bertuliskan BPJS SATU!.
“Petugas akan stand by berada di rumah sakit secara terjadwal dan juga on call. Disetiap rumah sakit yang bekerja sama telah terpasang poster contact person petugas BPJS SATU! sehingga peserta tetap mampu terlayani walaupun petugas BPJS SATU! sedang tidak bertugas di rumah sakit tersebut,” ungkapnya.
Sementara itu, Ramli (47), peserta JKN-KIS yang kala itu sedang menunggu antrean rawat jalan di rumah sakit kepada Tim Jamkesnews mengungkapkan, dirinya merasa terbantu dengan hadirnya layanan tersebut. Ramli merasa, dengan adanya petugas BPJS SATU! pengaduan yang disampaikan lebih cepat terselesaikan.
Selain itu, pasien tidak perlu lagi harus direpotkan dengan datang ke kantor cabang, karena petugas dapat langsung ditemui di rumah sakit. Ramli berterima kasih serta berharap BPJS Kesehatan serta pihak rumah sakit tetap memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.
“Baru saja saya dihampiri oleh petugas BPJS SATU, dari petugas tadi saya mendapat banyak informasi tentang hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS dan juga informasi terkini dari Program JKN-KIS. Petugasnya juga memastikan kepuasan saya terkait pelayanan yang didapat dengan menanyakan apakah saya mengalami kendala atau keluhan saat mengakses pelayanan kesehatan,” tutur Ramli (adv/oki)
Editor: M. Yanudin