oleh

Minimalisir Krisis Stok Darah, Kodim 0914/KTT Gelar Aksi Donor Darah

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Dalam rangka memperingati hari Juang Kartika TNI-AD, Kodim 0914/Kabupaten Tana Tidung (KTT) menggelar aksi donor darah bersama dengan PMI KTT pada Kamis, 09 Desember 2021.

Selain memperingati hari juang kartika, aksi donor darah ini juga dilakukan dalam rangka menyiapkan stok kebutuhan darah yang dikabarkan sangat dibutuhkan bagi RSUD Akhmad Berahim KTT.

Dandim 0914/KTT, Letkol Tri Priyo Utomo menerangkan dalam kegiatan aksi donor darah tersebut pihaknya akan menargetkan 50 hingga 100 kantong darah untuk kebutuhan darah warga KTT.

Baca Juga :  Zaman Berubah, Kepercayaan Masyakarat ke Dukun Beranak Tak Luntur 

“Kalau bisa lebih dari itu kan malah lebih bagus. Sasaran masyarakat umum, aparat dan beberapa instansi pemerintah lainnya juga turut hadir,” kata Dandim.

Dandim menambahkan, hasil darah yang didapatkan dalam aksi donor darah ini nantinya akan diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kaltara.

“Darah para pendonor akan dijadikan simpanan darah oleh PMI provinsi yang sewaktu-waktu dapat diambil jika pihak RSUD membutuhkan darah. Kita simpan disana (PMI) karena disini (KTT) belum memiliki bank darah. Akan tetapi darah-darah tersebut disimpan untuk kebutuhan warga KTT juga,” bebernya lagi.

Baca Juga :  Cegah Penimbunan BBM, Kapolsek Sesayap Awasi Peredaran Bensin di Tana Tidung

“jika sewaktu-waktu ada warga yang mengalami kondisi butuh darah, maka PMI provinsi akan mengirimkannya kesini,” tuturnya.

Di sisi lain Direktur RSUD Akhmad Berahim KTT, Budi Samroni yang ditemui oleh benuanta.co.id mengaku sangat mengapresiasi upaya Kodim 0914/KTT. Karena diakuinya saat ini KTT memang sedang mengalami krisis ketersediaan darah.

“Kendala yang kita hadapi saat melakukan operasi terhadap pasien itu, salah satunya ialah kurangnya stok darah. Oleh karena itu PMI KTT memang harus memiliki stok darah untuk digunakan dalam keadaan darurat,” terangnya. (*)

Baca Juga :  Minyak Goreng 1 Harga Akan Berlaku Pekan Depan di KTT 

Reporter: Osarade

Editor: Matthew Gregori Nusa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *