Indonesia Raih Kemenangan Perdana Piala AFF 2020 Kalahkan Kamboja 4-2

Jakarta – Tim nasional Indonesia meraih kemenangan perdana di Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Kamboja dengan skor 4-2 pada laga pertamanya di Grup B yang digelar di Stadion Bishan, Singapura, Kamis malam.

Dua gol Indonesia dilesakkan oleh Rachmat Irianto dan sisanya dibuat Evan Dimas serta Ramai Rumakiek.

Sementara Kamboja memperkecil kedudukan melalui Yue Safy dan Prak Mony Udom.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1592 votes

Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menurunkan sembilan pemain debutan Piala AFF. Hanya Evan Dimas dan Irfan Jaya yang sebelumnya sudah mencicipi turnamen dua tahunan tersebut.

Baca Juga :  Muhammad Ferarri dan Rachmat Irianto Susul Timnas ke Vietnam

Evan sudah berpartisipasi di Piala AFF sejak edisi tahun 2014, sementara Irfan merupakan bagian dari skuad Piala AFF 2018.

Menekan lawan dari awal laga, Indonesia menghadirkan gol cepat pada menit keempat dari sundulan Rachmat Irianto, akrab disapa Rian, yang memanfaatkan umpan tendangan sudut Evan Dimas.

Gol kedua datang 13 menit kemudian, kali ini via sepakan Evan Dimas. Evan mengendalikan dengan baik operan lambung Pratama Arhan sebelum melepaskan sepakan sambil berbalik badan.

Baca Juga :  Jay, Ragnar, dan Sananta Bawa Indonesia Berpesta 3-0 Lawan Vietnam

Memimpin dua gol, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, pada menit ke-33, Rian kembali menorehkan namanya di papan skor dengan gol sundulan mengonversi tendangan sudut Pratama Arhan.

Kamboja yang terus berupaya membobol gawang Indonesia akhirnya mampu memperkecil jarak skor berkat gol Yue Safy pada menit ke-37 yang meneruskan sodoran sepakan pojok.

Indonesia nyaris menambah gol enam menit menjelang babak pertama usai setelah tendangan Irfan Jaya menerpa mistar. Namun, tidak ada gol lain yang hadir dan skor 3-1 bertahan sampai turun minum.

Usai jeda, Shin memasukkan beberapa nama baru seperti Victor Igbonefo, Ramai Rumakiek dan Syahrian Abimanyu.

Baca Juga :  Egy Pastikan Indonesia Siap Berikan yang Terbaik saat Hadapi Vietnam

Keputusan itu berbuah manis. Ramai Rumakiek menjauhkan keunggulan Indonesia menjadi 4-1 pada menit ke-54 setelah tembakan kaki kanannya menghujam gawang Kamboja. Pemain Persipura itu menerima ‘assist’ dari Ricky Kambuaya.

Kamboja tetap menggigit meski tertinggal tiga gol. Pada menit ke-60, tendangan bebas Prak Mony Udom yang membentur pagar betis Indonesia menukik masuk ke gawang Syahrul Trisna dan menjadikan skor 4-2.

Kedua tim saling berbalas setelahnya, tetapi tak ada gol lain yang datang. Kedudukan 4-2 untuk kemenangan Indonesia bertahan sampai laga tuntas. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *