Mampu Produktif, Warga SP 6B Tanjung Buka Panen Buah Melon 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Meski dikategorikan daerah terisolir, Satuan Permukiman (SP) 6 B Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah ternyata mampu produktif dengan berhasil mengembangkan tanaman dan buah-buahan.

Seperti kelompok tani Tanjung Buka, SP 6 B yang diketuai oleh Tarji bersama 8 orang anggotanya kali ini sukses panen perdana budidaya buah melon.

“Alhamdulillah pada hari ini kami mengundang bapak Bupati Bulungan untuk memanen melon yang kami tanam,” ungkap Tarji kepada benuanta.co.id, Rabu 7 Desember 2021.

Baca Juga :  Sinergi Reforma Agraria di Bulungan Fokus Penataan Aset

Tarji menjelaskan lahan pertanian ini juga membudidayakan berbagai macam tanaman. Seperti melon, semangka, cabai, bawang merah dan jagung. Budidaya ini bekerjasama dengan CV Bisma Atari yang memberikan support bibit dan menerima hasil panen untuk dijual.

“Kami di sini tidak pakai pupuk kimia, lebih banyak pakai pupuk organik sampai 95 persen,” jelasnya.

Baca Juga :  Reforma Agraria Upaya Tuntaskan Tumpang Tindih Lahan di Bulungan

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani mengaku sangat senang warga transmigrasi telah berusaha melakukan pengembangan pertanian. Dia meminta usaha pertanian ini harus bisa berkesinambungan.

“Perawatan dan pengolahan buah-buahan ini dari bahan organik. Untuk pengembangannya ke depan harus melalui kelompok tani dengan komunikasi dengan dinas teknis saya, yakni Disnakertrans dan Dinas Pertanian,” ucap Syarwani.

Baca Juga :  Reforma Agraria Upaya Tuntaskan Tumpang Tindih Lahan di Bulungan

Bupati menuturkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan akan membantu warga kelompok tani untuk memasarkan hasil pertaniannya. Harapannya hasil pertanian ini tak hanya dinikmati warga sekitar namun bisa dirasakan oleh semua orang di Bulungan. (*)

Reporter : Heri Muliadi

Editor : Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *