oleh

Tak Banyak Kenaikan, Realisasi APBD Kaltara 2021 Baru Capai 65 Persen

benuanta.co.id, BULUNGAN – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Kalimantan Utara menyebut realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021, tiap bulan tak banyak mengalami kenaikan.

Hal ini diakui Kepala BKAD Kaltara Denny Hariantom, yang menyebut realisasi APBD Kaltara pekan pertama bulan Desember 2021 baru mencapai 65 persen.

“Realisasi APBD kita sampai hari ini baru mencapai 65 persen, yang bisa menggenjotnya itu kita tinggal pembayaran,” ujar Denny Harianto kepada benuanta.co.id, Selasa 7 Desember 2021.

Baca Juga :  Regenerasi Pengurus, Pemprov Harapkan Perkembangan Fatayat NU Kaltara

Realisasi ABPD ini menurutnya bisa saja naik, bila setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM). Diketahui saat ini semua OPD tengah menyiapkan administrasi untuk pembayaran.

“Kita telah deteksi, mereka semua lagi mempersiapkan administrasinya saja. Soal berapa persen naiknya saya tidak bisa prediksi,” imbuhnya.

Denny optimis realisasi APBD bisa meningkat lagi. Terlebih realisasi ini telah melampaui target nasional di angka 44 hingga 46 persen.

Baca Juga :  Polda Kaltara Terima Tuntutan DAD terhadap Edy Mulyadi

“Kalau saya tidak bisa menebak angkanya, optimis saja tapi minimal 80 persen lah,” ucapnya.

Jika masih ada beberapa pekerjaan yang tidak terealisasikan, hal ini juga berbenturan dengan waktu yang pendek dan sudah mendekati akhir tahun. Terlebih pekerjaan itu terlaksana pada APBD Perubahan sehingga tidak bisa maksimal.

“Makanya ini kita lanjutkan di tahun 2022 itu ada beberapa OPD itu rata-rata belanja modal dan jasa,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Pemotor Tergelincir Tabrak Mobil hingga Pengendara Meninggal Dunia

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *