oleh

Mandiri Coal Terjunkan Tim ERT Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

TARAKAN – Bencana alam awan panas (erupsi) gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu, 4 Desember 20221, menyita perhatian publik. Bahkan, banyak pihak yang langsung terjun ke lokasi dalam misi membantu evakuasi warga sekitar Gunung Semeru yang menjadi korban. Rasa empati dan kemanusiaan juga menyentuh sektor usaha swasta.

PT Mandiri Intiperkasa atau biasa disebut Mandiri Coal langsung menerjunkan Tim Emergency Respons Team (ERT) dari Site Krassi, sebanyak 7 personel. Ketua ERT Mandiri Coal, Andhi Triyono mengatakan, pihaknya mendapatkan perintah langsung dari Top Manajemen Mandiri Coal untuk melaksanakan tugas kemanusiaan, membantu warga di Lumajang yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga :  Selain Hukum Negara, Massa Minta Edy Mulyadi Juga Dihukum Adat

“Jadi, saat kejadian (erupsi gunung Semeru), kami langsung merapatkan barisan membahas untuk mengirimkan bantuan dan pertolongan kepada korban. Karena saat – saat seperti inilah tugas dan fungsi kami harus dijalankan, sebagai tim yang telah terlatih dalam penanggulangan kebencanaan,” kata Andhi saat dihubungi media ini, Selasa, 7 Desember 2021.

Andhi yang membawahi ERT Mandiri Coal yang bergerak di bidang usaha pertambangan batu bara di Kalimantan Utara ini menyebut, dalam keberangkatan pihaknya ke lokasi erupsinya Gunung Semeru juga mengikuti komando dari Kementerian ESDM. Sebab, perusahaan yang berada di bawah ESDM wajib memiliki tim tanggap darurat atau kebencanaan.

Baca Juga :  Dorong Peran Masyarakat Pulihkan Ekonomi Nasional

“Kami terus berkoordinasi dengan tim dari Kementerian ESDM dan pihak terkait lainnya. Sebab, pada kondisi seperti ini, tujuan kita adalah membantu warga yang menjadi korban. Jangan sampai malah kita yang dibantu. Harus mengikuti komando dari pihak yang berkompeten di TKP,” tegasnya.

Dia juga membeberkan, rencananya, pihaknya akan berada di Lumajang, Jawa Timur selama 10 hari. Namun, tidak menutup kemungkinan bisa saja akan lebih lama lagi bila kondisi di sana tidak menunjukkan ke arah perbaikan dan pemulihan. Mandiri Coal juga menyalurkan bantuan-bantuan yang diperlukan oleh korban yang berada di lokasi kejadian, seperti ratusan sembako, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi, anak, dewasa dan lansia, kebutuhan perlengkapan wanita, air mineral, obat obatan, multivitamin, susu, perlengkapan tidur dan ribuan masker.

Baca Juga :  30 Ribu SDM untuk KIHI, Gubernur Minta Disiapkan

“Kami mohon doa dari semua pihak, agar misi kemanusiaan yang sedang kami jalankan ini berjalan dengan lancar dan bantuan yang kami salurkan benar-benar dapat membantu meringankan korban yang terdampak langsung dari keganasan erupsi Gunung Semeru. Semoga, korban terdampak kembali pulih dan Indonesia kembali pulih. Mari semua pihak bergandengan tangan saling membantu saudara kita yang terdampak,” harapnya sembari mengajak semua pihak untuk solid membantu korban.(*)

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *