oleh

Hujan Bakal Guyur Tarakan dari Malam Hingga Pagi, Masyarakat Diminta Waspada

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan memberikan peringatan dini atas prakiraan cuaca yakni hujan yang diprediksi terjadi pada malam hari, Selasa, 7 Desember 2021.

Prakirawan BMKG Tarakan, Totok Dwi Sucahyanto, A.Md mengatakan, berdasarkan prediksi BMKG, Kota Tarakan berpotensi hujan pada malam hari hingga pagi mendatang.

“Pada malam ini diperkirakan akan terjadi hujan ringan pada pukul 20.00, 23.00, 02.00 dan hingga 05.00 WITA,” ungkap Prakirawan BMKG Tarakan itu.

Baca Juga :  Daftar Khatib Jumat 21 Januari 2022 di Masjid Wilayah Tarakan

Menurut BMKG Tarakan, menuju pagi hari cuaca Tarakan diprediksi tak lagi hujan. “Sekitar jam 08.00 WITA diprediksi akan cerah ,” lanjutnya.

Prediksi cuaca tersebut ditujukan untuk semua kecamatan di Kota Tarakan yakni Tarakan Utara, Tarakan Timur, Tarakan Tengah dan Tarakan Barat serta berlaku hingga Rabu, 8 Desember 2021 pukul 08.00 WITA.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tarakan turut mengimbau agar masyarakat dapat meningkatkan waspada dalam berbagai situasi.

Baca Juga :  DKUMP Pastikan Harga Minyak Goreng di Pasaran Selaras Satu Harga

“Kami selalu melakukan koordinasi intens dengan Camat, Lurah dan RT se Kota Tarakan. Koordinasi itu membahas pencegahan dan penanggulangan lokasi yang rawan bencana,” ungkap Kepala BPBD Tarakan Ahmadi Burhan kepada benuanta.co.id, pada Selasa, 7 Desember 2021.

Kata dia, koordinasi tersebut termasuk juga saat gempa terjadi malam itu. Sebut Ahmadi Burhan, pihaknya bahkan kerap berkomunikasi dengan Camat dan Lurah yang tergabung di setiap WhatsApp grup tiap kecamatan yang difasilitasinya.

Kemudian, untuk personil dan sarana yang dimilikinya menurutnya sama seperti biasanya, pasalnya BPBD Tarakan tentu memiliki kesigapan.

Baca Juga :  Tahap Finishing, Pasar Rakyat Tenguyun Bakal Diisi Pedagang Lama

Kerjasama yang dilangsungkannya bersama pihak kecamatan dan kelurahan yakni mengenai himbauan potensi bencana, prosedur dan rangkaian edukasi pun mengiringnya untuk bersinergi.

“Kami meminta masyarakat Kota Tarakan untuk tetap waspada terkait potensi bencana yang akan timbul, hal ini sudah kami teruskan juga kepada Camat, Lurah ketua RT Se Kota Tarakan melalui grup whatsapp,” tutupnya.(*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *