oleh

BNPB: Waspada Bencana Banjir dan Longsor, di Kaltara Daerah Sembakung Banjir

benuanta.co.id, NUNUKAN – Data BNPB terkait potensi banjir dan gerakan tanah bulan Desember Tahun 2021 yang dikeluarkan BMKG bekerjasama dengan KemenPUPR serta Badan Informasi Geospasial (BIG) pada 10 November 2021. Kemudian prakiraan potensi terjadi gerakan tanah pada bulan Desember 2021 yang dikeluarkan oleh Badan Geologi, Kementerian ESDM pada 29 November 2021 lalu, perlu upaya pencegahan ancaman bencana banjir dan gerakan tanah (longsor) bagi daerah rawan.

Kasubid Kedaruratan BPBD Kabupaten Nunukan Hasanuddin, menyampaikan terkait Surat Edaran (SE) peringatan dini dan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana banjir dan gerakan tanah periode Desember 2021, maka BPBD Nunukan akan menyiapkan langkah-langkah dan upaya kesiapsiagaan guna mengantisipasi dampaknya.

“Kami akan meningkatkan koordinasi dengan anggota dilapangan saat ini agar siap siaga,” kata Hasanuddin, Selasa (7/12/2021).

Lanjut dia juga akan melakukan monitoring secara berkala untuk mendapatkan informasi peringatan dini cuaca dan potensi ancaman bencana melalui website BMKG.

Selain itu, dari laporan BNPB pusat mencatat sebanyak 34 Kabupaten di Indonesia yang berpotensi banjir bulan Desember tahun 2021, salah satunya provinsi Kalimantan Utara (kaltara). Terdapat Bulungan, Malinau dan Nunukan masuk zona rawan.

Kecamatan Sembakung, Desa Atap, tepatnya di RT 7 kampung Tembelunu, saat ini telah terjadi banjir. Diperkirakan air akan terus naik dan juga terlihat anak-anak setempat menikmati air banjir dengan menggunakan pelampung.

Bella, Warga Kampung Tembelunu mengatakan, kemarin air banjir ini belum terlihat di jalan, namun saat saya keluar dari rumah air sudah merendam bandan jalan yang sering kami lewatkan. Perahu sudah bisa masuk . “Kalau gunakan perahu berketinting sudah bisa nih,,” jelasnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Klik link Video di Bawah👇

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

nineteen + 11 =