Tarik Minat Investor, 3 Pelabuhan Nasional di KTT Diharapkan Cepat Beroperasi

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Optimis menarik investor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Tidung, ingin 3 pelabuhan kecamatan Bebatu segera aktif.

Bupati KTT Ibrahim Ali mengungkapkan saat ini 3 pelabuhan yang ada di kecamatan Bebatu telah hampir selesai pengerjaannya dan hanya tinggal menunggu waktu untuk segera beroperasi.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1544 votes

Namun karena permasalahan akses jalur darat yang belum memadai, membuat 3 pelabuhan yang diwacanakan akan menjadi pelabuhan Nasional itu, harus ditunda jadwal beroperasinya.

“Pelabuhan Bebatu itu akan dijadikan pelabuhan bongkar muat, penumpang dan peti kemas, pengerjaannya juga sudah hampir selesai karena pemerintah provinsi yang mengerjakannya. Hanya saja jalur daratnya ini yang belum selesai, makanya akses ke Bebatu juga jadi agak sulit,” kata Ibrahim.

Ibrahim menambahkan, saat ini dirinya bersama dengan beberapa OPD, telah merancang tata pusat kota untuk pusat pemerintahan yang baru. Jika nantinya, hal itu rampung maka pengerjaan jalan darat menuju desa Bebatu pun, bisa segera dilaksanakan.

“saya sudah komunikasinya dengan pihak Dishub provinsi bagian darat untuk membahas mengenai hal ini dan semua sudah berjalan pada prosesnya,” jelasnya.

“Hanya saja karena hal ini juga berkaitan dengan perpindahan ibu kota. Maka kita merancang dulu tata kotanya, jalannya seperti apa, lahan dan pemukiman masyarakat nanti juga seperti apa. Jika urusan ini sudah clear maka pelabuhan Bebatu akan siap beroperasi,” pungkasnya.

Jika nantinya pelabuhan Bebatu ini sudah mulai beroperasi, Ibrahim merasa yakin akan semakin banyak pontensi alam KTT yang akan termanfaatkan dengan baik, mulai dari perdagangan, kesempatan lapangan pekerjaan baru dan pertanian – pertambangan KTT juga diyakini akan semakin berkembang pesat.

“Segala akses trasnportasi laut pusatnya nanti ialah di Bebatu, tentu secara tidak langsung hal itu akan berdampak langsung kepada masyarakat di sana, usaha akan semakin berkembang lapangan pekerjaan baru juga akan semakin terbuka. Pasalnya kita yakin, hal ini akan mengundang lebih banyak investor yang akan masuk ke KTT,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *