oleh

Gedung Cyber Terbakar, Dua Instansi di Pemprov Kaltara Kena Imbasnya

benuanta.co.id, TARAKAN – Terbakarnya lantai 8 Gedung Cyber 1 Mampang Jakarta Selatan, Kamis 2 Desember 2021 lalu, berdampak pada seluruh perusahaan besar di Indonesia yang menggunakan data center di dalam gedung tersebut. Termasuk dua gedung instansi di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Plt. Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltara, H. Iskandar menjelaskan, bahwa jaringan internet juga berdampak di Gedung Gabungan Dinas-dinas dan Kantor Gubernur Kaltara yang mengalami gangguan.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Rachmawati Resmikan Gedung PAUD Sulon Pelangi di Perbatasan

“Kita kan ada kerja sama dengan internetnya, jaringannya hilang, down. Pemprov itu ada dua gedung, gedung gadis sama kantor gubernur,” katanya saat dihubungi benuanta.co.id, Jumat (3/12/2021).

Menurut Iskandar, hilangnya jaringan di Kaltara ini terjadi Kamis siang, bersamaan dengan terjadinya kebakaran di Jakarta.

“Pas kejadiannya jam dua itu, selesai acara gubernur dan pak menteri, tiba-tiba down langsung jaringan hilang,” sambungnya.

Baca Juga :  Diduga Hina Kalimantan, Lembaga Adat Tidung Kecam Edy Mulyadi 

Akibatnya, sementara ini kedua kantor tersebut menggunakan jaringan modem untuk melakukan aktifitas seperti virtual meeting atau kegiatan kantor yang menggunakan jaringan internet.

“Kalau jaringan Telkom kan tidak terpengaruh, cuma yang menggunakan fiber optik itu terpengaruh. Kalau kami kerjasama dengan internetnya kalau tidak salah penyedianya Telkom,” tuturnya.

Hingga saat ini, Diskominfo Kaltara masih menunggu informasi mengenai perbaikan jaringan. Mengingat Diskominfo juga bekerjasama dengan kantor-kantor yang ada di provinsi dalam hal jaringan.

Baca Juga :  Harapkan Dukungan BKMT Kaltara Sosialisasikan Program Pemerintah

“Informasi sampai hari ini belum ada, informasi kapan bagusnya, kita harap dalam waktu cepat. Kami Kominfo pemprov juga kerjasama dengan penyiapan jaringan,” tutupnya. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *