Bupati Bulungan Minta Hasil SAKIP Dipertahankan dan Ditingkatkan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan memperoleh penilaian pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Hasil evaluasi SAKIP itupun disampaikan oleh Bupati Bulungan Syarwani kepada seluruh jajarannya.

Bupati Bulungan, Syarwani meminta seluruh jajarannya dapat mempertahankan predikat B  atau baik yang diraih dalam SAKIP Reformasi Birokrasi Award dari pemerintah pusat tahun 2020.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1545 votes

“Tolong pertahankan yang sudah sudah diterima dari pemerintah pusat,” ujarnya kepada benuanta.co.id, kemarin.

Baca Juga :  Pemkab Bulungan Hibahkan 1 Unit Mobil Jenazah untuk Masjid Kasimuddin Tanjung Palas

Mantan Ketua DPRD Bulungan ini menuturkan, setidaknya 4 permasalahan utama yang menjadi penyebab rendahnya tingkat akuntabilitas pada pemerintah kabupaten. Pertama tujuan atau sasaran yang ditetapkan tidak berorientasi hasil, kedua ukuran keberhasilan tidak jelas dan tidak terukur.

“Kemudian program atau kegiatan yang ditetapkan tidak berkaitan dengan sasaran dan rincian kegiatan tidak sesuai dengan maksud kegiatan,” jelasnya.

Lalu yang keempat permasalahan tersebut juga berpotensi menyebabkan inefisiensi penggunaan anggaran pada instansi pemerintah. Kata dia, kegiatan tersebut penting bagi semuanya, khususnya segenap OPD Pemkab Bulungan untuk melakukan evaluasi serta langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kinerja.

Baca Juga :  Pemkab Bulungan Mulai Bayarkan THR ASN

“Dengan adanya SAKIP ini untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang mampu memberikan layanan publik secara prima bagi masyarakat, mampu berdampak positif pada capaian pembangunan daerah dan nasional,” paparnya.

Tak hanya itu, hal ini untuk meningkatkan daya saing Indonesia di kancah internasional. Selain itu, keterbatasan sumber daya dan anggaran juga menuntut setiap instansi untuk mengelola anggaran dan sumber daya secara efektif, efisien dan berorientasi pada hasil.

“Saya tekankan prestasi predikat B pada SAKIP RB Award 2020 tentu wajib dipertahankan bahkan ditingkatkan ke BB atau sangat baik hingga tingkat A,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemkab Bulungan Mulai Bayarkan THR ASN

Syarwani menjelaskan tujuan utama dengan predikat tersebut yakni bagaimana SAKIP mengarahkan birokrasi untuk menetapkan program dan kegiatan berdasarkan pada prioritas dan kebutuhan masyarakat.

Inspektorat yang merupakan aparat pengawas internal pemerintah melakukan evaluasi SAKIP di setiap OPD di Pemkab Bulungan. Hasilnya terdapat 5 perangkat daerah berpredikat A, 15 perangkat daerah berpredikat BB, 5 perangkat daerah berpredikat B dan 3 perangkat daerah berpredikat CC. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *