oleh

Laura Minta HKTI Nunukan Mampu Pecahkan Masalah Para Petani

benuanta.co.id, NUNUKAN – Musyawarah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI ) Kabupaten Nunukan, Bupati Hj. Asmin Laura Hafid mengharapkan para pengurus mampu memecahkan masalah di tingkat petani.

“Saya berkeyakinan hingga saat ini petani kita yang ada di lapangan pasti ada keluhan dan kekurangan, maka dari itu saya tekankan kepada HKTI agar bisa mendidik para petani dan memberikan solusi, sehingga mereka bisa mandiri,” kata Laura, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga :  Angka Stunting di Nunukan Turun Jadi 16 Persen

Laura menyampaikan selain pertambangan, sektor pertanian seperti perkebunan sawit, rumput laut dan lainnya juga turut berkontribusi dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar Nunukan.

Diakui Laura, masih adanya keluhan para petani setiap tahun terkait kekurangan pupuk. Terlebih ke depannya pupuk bersubsidi akan dihilangkan. “Bantuan pupuk kepada petani ini tidak dihilangkan secara langsung dan keseluruhan, karena masih ada petani kita yang masih butuh untuk didukung,” jelasnya.

Baca Juga :  Babinsa Koramil Sembakung Pantau Aktivitas di Pelabuhan Djangkida

Kebijakan ini diambil pemerintah pusat, lantaran menilai bantuan yang diberikan kepada petani kurang dimaksimalkan dalam hasil produksi.

“Ini yang harus kita persiapkan untuk petani-petani kita di Nunukan adalah subsidi pupuk, padahal pupuk non bersubsidi juga laku. Namun karena sudah terbiasa dengan bantuan akhirnya terus berharap,” ujarnya.

Melalui HKTI dan Dinas Pertanian Kabupaten Nunukan, Laura meminta agar dapat memberikan pemahaman kepada patani untuk memanfaatkan bantuan itu seefektif mungkin dan bisa mandiri.

Baca Juga :  Bupati: IKAPTK Mengakselerasi Peran Pemerintah dalam Pembangunan di Nunukan

“Tahun ini dikasih, tahun depan stop dulu. Dilihat perkembangannya, karena dalam menyalurkan bantuan tidak hanya itu-itu saja tapi harus diganti-ganti kelompok taninya agar semuanya mendapatkan sentuhan dari pemerintah secara merata,” imbuhnya. (*)

Reporter : Darmawan

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *