Ini Tujuan IKAT Kaltara Sambangi Polres Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Ratusan warga Toraja Kota Tarakan sempat berbondong-bondong mendatangi Kepolisian Resor (Polres) Tarakan pada 29 November 2021 lalu sembari membawa peti yang diduga milik korban pengeroyokan berakhir penikaman yakni almarhum Polin Galang.

Keramaian tersebut tentunya menimbulkan pertanyaan di tengah masyarakat lantaran sempat mengakibatkan terhambatnya lalulintas di beberapa titik mulai dari Kampung Baru hingga Jalan Yos Sudarso menuju Polres Tarakan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2128 votes

Pantauan benuanta.co.id, sebanyak ratusan warga Toraja menggunakan motor hingga berjalan kaki mengangkut peti jenazah seperti konvoi menuju Mako Polres Tarakan. Aksi tersebut juga dikawal oleh mobil Satlantas Polres Tarakan dan sempat menimbulkan kemacetan.

Baca Juga :  Museum Flora dan Fauna Rumah Boendar Tarakan Bakal Dialihfungsikan

Menanggapinya, Ketua IKAT Kaltara, dr. Andreas Baso, M.Kes mengatakan terdapat alasan warga Toraja melakukan aksi sepanjang jalan di depan Polres Tarakan tersebut.

Baca Juga: Pelaku Pengeroyokan Berakhir Penikaman Berhasil Ditangkap

Menurut Andreas, hal tersebut merupakan langkah untuk mengawal proses pengejaran pelaku agar segera diamankan. “Kami tidak ingin masyarakat pada umumnya yang tidak bersalah namun menjadi korban lagi,” sebutnya.

Baca Juga :  Ngakunya Nyari Besi Tua, Paha dan Kipas Mesin 200 PK Raib 

Meski begitu, Andreas memastikan pengurus IKAT gencar melakukan imbauan kepada warga Toraja untuk menjaga kondusifitas di perantauan atau di Provinsi Kaltara ini.

“Relasi warga Toraja di Kaltara antar suku dan agama terjalin harmonis. Kami sedang mengawasi anak-anak muda untuk tidak melakukan tindakan yang di luar batas terhadap kasus ini. Kita selalu mengingatkan, kalau kita harmonis maka tenang dan lancar juga kita mencari nafkah di perantauan,” ungkap dia.

Baca Juga :  Imigrasi Tarakan Sudah Bisa Terbitkan Paspor Elektronik

Terpisah, Kapolres Tarakan, AKBP Fillol Praja Arthadira melalui Kasat Reskrim Polres Tarakan, IPTU Muhammad Aldi mengatakan telah berupaya semaksimal mungkin dalam menangkap dan melakukan pengejaran terhadap pelaku.

“Kerabat dan keluarga korban diimbau untuk bersabar dan mempercayakan sepenuhnya penangkapan pelaku kepada kepolisian. Polisi saat ini sudah melakukan pengejaran dan telah mengamankan dua pelaku,” ungkap Aldi. (*)

 

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *