oleh

Tingkatkan Karakter Peserta Didik, Sekolah Penggerak di Nunukan Lakukan Dialog

benuanta.co.id, NUNUKAN – Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan pertemuan dengan forum pemangku kepentingan di Nunukan.

Pertemuan ini membahas sekolah ideal yang dapat memenuhi kepentingan orang tua, murid, guru, pengawas dan juga memenuhi kepentingan pejabat di daerah.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kaltara, Dr. Jarwoko, M.Pd, berharap pemangku kepentingan di sekolah harus berfokus ke peserta didik, memfasilitasi dan memberikan kemudahan agar anak-anak mendapatkan kesempatan pengalaman belajar yang baik.

Baca Juga :  Banjir Kembali Rendam Pemukiman Warga di Sembakung

“Kami mengajak kepada pemangku kepentingan, seperti orang tua, guru, dan lainnya untuk memberikan masukan tentang sekolah bagus itu seperti apa,” kata Jarwoko, kepada benuanta.co.id, Selasa (30/11/2021).

Hingga saat ini sekolah penggerak di Nunukan sebanyak 13 sekolah terdiri dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA).

Baca Juga :  Babinsa Koramil Sembakung Pantau Aktivitas di Pelabuhan Djangkida

“Walaupun bebas namun harus berfokus pada pengembangan potensi peserta didik, diberikan kebebasan justru melemahkan peserta didik dengan membully atau memberikan hukum itu tidak boleh,” tegasnya.

Menurutnya, pusat pendidikan itu merupakan penyemai benih bangsa dalam membangun peradaban agar memiliki karakter yang kuat dan memiliki profil pembelajaran Pancasila.

“Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat berilmu , cerdas kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab, intinya itu mandat sekolah,” jelasnya.

Baca Juga :  Subsidi Ongkos Angkut Penumpang Tujuan Nunukan-Long Bawan Diluncurkan

Lanjut dia, ke depannya sekolah penggerak ini akan dilakukan digitalisasi sekolah yang akan dibantu oleh IT yang nantinya akan didampingi pelatih ahli. (*)

Reporter : Darmawan

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *