oleh

Wakil Gubernur Buka Pesta Budaya Sungai Kayan 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Masih bagian rangkaian hari jadi Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang ke 9 tahun. Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Yansen TP membuka acara Pesta Budaya Sungai Kayan 2021, yang terlaksana di Tepian Sungai Kayan tepatnya di Taman Kaltara Abadi Jalan Sabanar Lama.

“Pertama kita harus syukuri karena Kalimantan Utara miliki keanekaragaman seni dan budaya termasuk olahraga rekreasi masyarakatnya,” ungkap Yansen TP kepada benuanta.co.id, Ahad 28 November 2021.

Baca Juga :  Gerindra Kaltara Dorong Prabowo Maju Capres, Mesin Politik Diklaim Siap

Dia mengatakan jika semua itu kekuatan masyarakat Kaltara, namun selama ini tidak pernah ditonjolkan. Oleh karena itu pihaknya kembali menghidupkan semangat tersebut dengan menggairahkan seni dan budaya yang ada. Selain itu pagelaran ini juga menjadi pundi bagi masyarakat khususnya peningkatan ekonomi.

“Termasuk pemanfaatan sungai dengan berbagai macam ragam yang dimiliki. Pesta Budaya Sungai Kayan inilah untuk menghidupkan itu kembali,” jelasnya.

Yansen TP pun meminta kepada peserta lomba agar sportif dan sajikan yang terbaik. Kemudian perlihatkan kebersamaan dalam bentuk Kalimantan Utara melalui olahraga dan seni budaya.

Baca Juga :  Seleksi JPT Terbuka Dimulai, Ini Syarat dan Jadwalnya

Ketua Panitia Pelaksana, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara Suriansyah mengatakan, Pesta Budaya Sungai Kayan ini akan berjalan dari hari Ahad 28 November hingga 2 Desember 2021 dengan beragam acara.

“Ini kerjasama dari Pemprov Kaltara dan Kormi Kaltara bersama Kormi Bulungan. Adapun rangkaian kegiatan Pesta Budaya tanggal 28 November 2021 yakni pembukaan, dilanjutkan tarian japin bersama,” ucapnya.

Baca Juga :  Capai 66 Persen Lebih, Vaksin Anak di Tarakan Tertinggi di Kaltara

Kemudian dilanjutkan konvoy dan lomba perahu ketinting dan perahu dayung. Kemudian ada pentas seni dan live musik dan bazar. Lalu di tanggal 30 November 2021 ada lomba mahjong, menyeduh dan fashion show serta lomba domino.

“Tanggal 1 Desember final ketinting dan perahu dayung serta gelar produk batik siswa SLB se Kaltara serta di tanggal 2 Desember 2021 penutupan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *