Masyarakat Berikan Jempol Layanan Vaksinasi Malam Hari

benuanta.co.id, TARAKAN – Pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Cafe Food Tastic pada Sabtu malam 27 November 2021, merupakan inisiatif Binda Kaltara yang bekerja sama dengan Puskesmas Gunung Lingkas Kota Tarakan.

“Kemarin itu saya lagi di puskesmas, ya memang sedang mencari vaksin dan saya tanya katanya malam ini ada vaksin disini (Food Tastic),” jelas salah satu warga, Surianto (43) usai divaksin pada Sabtu (27/11/2021)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1549 votes

Warga RT 7 Jembatan Besi ini menjelaskan hal ini merupakan kali pertama dirinya menerima vaksin, karena pada siang hari ia tak memiliki waktu luang untuk disuntik vaksin.

Baca Juga :  Jalin Ukhuwah Islamiyah, Komunitas Asik akan Gelar Baksos

“Sisa saya aja yang belum divaksin, istri saya sudah, saya sangat terbantu lah, karena cepat juga tidak pakai ngantri, kalau malam begini kan kita bisa langsung istirahat, kalau siang masih ada aktivitas jadi lebih bagus malam,” sambung dia.

Kepala Puskesmas Gunung Lingkas dr. Erna Mayasanti mengakui bahwa sebelumnya pihaknya mendapatkan masukan dari masyarakat agar melakukan suntikan vaksin pada malam hari. Menurutnya, masyarakat tak memiliki waktu banyak untuk melaksanakan vaksin pada siang hari.

“Kami sudah buka layanan pagi hari karena ada masukan juga dari masyarakat karena sibuk kerja jadi tidak bisa tinggalkan kerjaannya jadi dengan masukan itu kami buka layanan pertama kali dimalam hari,” katanya.

Baca Juga :  Pertamina Tambah Kuota BBM dan LPG untuk Kebutuhan Ramadan hingga Lebaran

Untuk penyuntikan vaksin inipun diperuntukan kepada seluruh masyarakat yang memiliki NIK.

Sementara itu, Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Kalimantan Utara, Brigjen TNI Andi Sulaiman menjelaskan ini merupakan dukungan program dalam mengakselerasi vaksinasi di Tarakan. Menurutnya juga, masyarakat akan terbantu dengan adanya vaksin di malam hari.

“Waktu pada malam hari itu biasanya digunakan berkumpul cafe itu kita manfaatkan, mendatangi bersama puskesmas, jadi yang belum vaksin mereka bisa kesini, ada yang belanja juga kita kasih tahu ada vaksin langsung kesini,” jelas dia.

Baca Juga :  Curi Motor untuk Biaya Pulang Kampung, MR Diciduk Polisi  

Adapun dosis vaksin yang ia sediakan cukup banyak yakni sekitar 300 dosis vaksin jenis Pfizer. Hal ini juga melihat animo masyarakat yang terlihat cukup tinggi.

“Ke depannya, kita lakukan kapan saja, jadi keluhannya banyak masyarakat yang tidak memiliki waktu karena kerja siang hari itu kita bantu pas malam hari, dan bukan hanya malam ini aja kita akan upayakan juga malam-malam berikutnya, supaya mempermudah masyarakat,” tuntas pria yang akrab disapa Jenderal itu. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *