oleh

Iraw Tidung Borneo Bersatu Mempererat Silaturahmi 4 Negeri Serumpun

benuanta.co.id, NUNUKAN – Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah membuka Iraw Tidung Borneo Bersatu ke-2 di Desa Binusan, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu 27 November 2021.

Dikatakan Ketua Iraw Tidung Borneo Bersatu, H. Sura’i, Iraw yang dilaksanakan untuk mempersatukan dan mempererat hubungan persaudaraan dan silaturahmi antara suku Tidung yang ada di Indonesia, baik yang berada di luar negeri seperti di Malaysia, Brunai  Darussalam dan Filipina.

“Iraw Tidung Borneo Bersatu kedua kali ini tidak dihadiri langsung oleh Negara sahabat karena masih Pandemi covid-19, namun kami lakukan secara virtual melalui zoom,” Kata Sura’i, kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Tergantung Kualitas, Harga Rumput Laut di Nunukan Kian Melonjak

Sedangkan kegiatan lainnya untuk memeriahkan acara Iraw Tidung Borneo Bersatu kedua ini, sejumlah rangkaian kegiatan kebudayaan dan olahraga tradisional. Ada juga ritual tolak bala dan penyambutan tamu kehormatan.

Ditambah Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, kegiatan Iraw ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan sangat baik sekali. Animo masyarakat dari luar Nunukan terlihat berada di Iraw Tidung Borneo Bersatu kedua di kabupaten Nunukan. Ini adalah salah satu wujud kebersamaan dan bentuk perhatian adat dan budaya yang sejak turun temurun telah diwariskan nenek moyang.

Baca Juga :  Tak Tertib Pajak, 22 Kendaraan Ditahan 5 di Antaranya Milik Dinas

“Warisan adat budaya ini akan kita jaga dan kita lestarikan sebagai budaya yang ada di Indonesia. Irwan ini agar bisa ditingkatan lagi sehingga bisa menjadi even nasional bahkan internasional,” jelasnya.

Hanafiah berharap, kepada warga Tidung yang ada Indonesia bahkan yang ada diluar negeri agar tetap menjaga adat budaya suku Tidung dan melestarikannya di setiap wilayahnya masing-masing, sehingga dapat diteruskan ke generasi muda.

Baca Juga :  Tak Tersentuh, Puluhan Tahun Desa Lubakan Hidup Tanpa Layanan Air Bersih  

Selain itu, Iraw Tidung Borneo Bersatu yang kedua ini, tidak hanya Suku Tidung yang hadir melainkan ada juga suku yang ada di Indonesia khususnya berada di Nunukan ikut memeriahkan acara tersebut.

Terlihat juga Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali, Wakil Bupati Malinau Jakaria  dan beberapa tokoh masyarakat se-Kaltara. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *