oleh

Warga KTT Apresiasi Pelayanan Air Bersih Jangkau 2 Desa Sekaligus

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Penuhi kebutuhan dasar masyarakat, PDAM Kabupaten Tana Tidung (KTT) mendapat apresiasi warga dalam memberikan pelayanan dan pendistribusian air bersih secara gratis oleh Pemerintah Daerah (Pemda) KTT kepada para warga desa yang ada di Kecamatan Sesayap Hilir.

Walaupun masih dalam proses pemasangan pipa, salah satu warga RT 3 Desa Sesayap Selor yakni Usman mengaku senang, lantaran adanya upaya dari Pemda kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih.

“Meksi belum dapat dialiri dan masih menunggu semua tersambung. Kita tetap sangat berterima kasih kepada Pemda termasuk PDAM KTT, karena telah mengupayakan adanya air bersih di wilayah kita,” kata Usman, Jumat 26 November 2021.

Baca Juga :  Agen dan Pemkab Kompak Siap Sanksi Pemain LPG ‘Nakal’ di KTT

Tak hanya Usman, warga Desa Tana Lia juga mengungkapkan hal yang senada. Di mana kedua desa itu belum memiliki sambungan air bersih PDAM sejak KTT ditetapkan sebagai daerah otonomi baru.

“Memang ini yang kita harapkan sebagai warga di sini dan kita tentu sangat berterima kasih kepada PDAM dan Pemda KTT, yang telah mengupayakan hal ini kepada masyarakat,” Kata Rina, warga Desa Tana Lia.

Sementara itu Direktur PDAM KTT, Winarno melalui Kepala Bagian (Kabag) Teknik PDAM KTT, Marsalin menuturkan, saat ini sudah ada 12 KM pipa tersiar dan 18,3, KM pipa induk yang terpasang di wilayah Kecamatan Sesayap Hilir.

Baca Juga :  Cegah Penimbunan BBM, Kapolsek Sesayap Awasi Peredaran Bensin di Tana Tidung

“Semuanya sudah hampir selesai pengerjaannya dan kita harap dalam waktu dekat air bersih untuk warga Desa Sesayap Selor dan Desa Tana Lia, sudah bisa kita distribusikan,” ujar Marsalin.

Meski pemasangan sambungan air yang diberikan oleh PDAM ini gratis, Marsalin mengingatkan warga tetap memiliki kewajiban untuk membayar iuran air setiap bulannya. Pembayaran itu akan menjadi pemasukan bagi daerah agar Pemda dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Baca Juga :  Minyak Goreng 1 Harga Akan Berlaku Pekan Depan di KTT 

“Pemasangannya gratis, tapi airnya tetap harus bayar karena itu tanggung jawab pelanggan dan untuk biayanya sendiri PDAM KTT memiliki tarif Rp 2 ribu per kubik. Angka itu tentunya sangat murah bila dibandingkan dengan yang ada di daerah lain,” jelasnya.

“Dengan iuran air PDAM yang relatif murah. Itu diharapkan warga dapat membuka pikirannya untuk terus berlangganan air bersih kepada PDAM, ketimbang mengandalkan kebutuhan air dari sumber air lainnya,” tutupnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *