oleh

Sebelum Diresmikan Presiden, Menteri Luhut Dijadwalkan Mengecek Lokasi KIPI Awal Desember

benuanta.co.id, BULUNGAN – Menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Provinsi Kalimantan Utara, Pemkab Bulungan terus melakukan persiapan. Salah satunya melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kaltara.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bulungan Errin Wiranda selaku tim penyambutan Presiden Jokowi mengatakan masih akan terus rapat persiapan. “Kita akan melakukan pertemuan lagi di Pemprov Kaltara. Nanti hadir pertama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,” ucap Errin Wiranda kepada benuanta.co.id, Jumat 26 November 2021.

Baca Juga :  180 Relawan PMI Mapping dan Survei Keengganan Vaksin Polio

Dia mengatakan Menteri Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan direncanakan akan datang ke Kaltara pada tanggal 2 Desember 2021. Tujuannya untuk melakukan peninjauan lokasi KIPI sebelum Presiden Jokowi yang datang ke lokasi pembangunan.

“Kesiapan kita mungkin masalah transportasi, jika ada tamu VIP mungkin jalan dari sini hingga ke lokasi ada perbaikan sedikit,” ujarnya.

Mantan Camat Tanjung Selor ini menuturkan untuk land clearing lokasi KIPI dalam tahap penyelesaian. Begitu dari analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) juga masih dalam proses.

Baca Juga :  UU IKN Nusantara Disahkan, Kaltara Harus Siap Jadi Daerah Penyangga

“Insya Allah sebelum groundbreaking sudah kelar semua. Karena di tanggal 16 Desember 2021 rencananya, Presiden Jokowi sudah disini,” bebernya.

Soal presentasi berapa persen persiapan di lokasi groundbreaking, pihaknya belum ada data terbaru. Pasalnya saat monitoring beberapa pekan lalu hanya meninjau jalan dan pengecekan jalur laut, sebagai alternatif yang dapat dilalui oleh rombongan Presiden.

Baca Juga :  Temui Dewan Pendidikan Kaltara, Gubernur Prioritaskan Infrastruktur dan SDM Pendidikan

“Kebetulan di Desa Mangkupadi diwilayah Pindada ada sungai, kita rencanakan mau membuat dermaga sementara. Tapi masih dipertimbangkan karena Desember itu banyak gelombang,” jelasnya.

Dia menambahkan akan ada perbaikan jalan yang dilakukan oleh perusahaan yang berada di sepanjang Kecamatan Tanjung Palas Timur menuju ke lokasi KIPI.

“Mudah-mudahan dari bagian Brigif 24 Bulungan Cakti hingga ke lokasi KIPI yang diperbaiki,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *