oleh

Produk UMKM Tarakan Mayoritas Telah Kantongi Sertifikasi Halal

benuanta.co.id, TARAKAN – Sebagian besar produk Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) di Tarakan telah mengantongi sertifikasi halal. Namun masih ada pula pelaku UMKM masih mengajukan sertifikasi halal.

Kini sertifikasi halal tak lagi dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), namun MUI hanya dapat mengeluarkan ketetapan halal yang nantinya akan disertifikasi langsung oleh negara.

Mengantisipasi produk-produk yang tak bersertifikasi halal, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Tarakan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Tarakan untuk membantu para pelaku usaha dalam mendapatkan sertifikasi halal.

Baca Juga :  Satpol PP Soroti Pedagang Jualan di Trotoar

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian kota Tarakan, Ir. Elang Buhana, M.Si mengatakan pelaku UMKM telah banyak yang mengajukan dan mendapatkan sertifikat halal.

“Yang banyak itu UMKM, seperti keripik, amplang atau olahan-olahan begitu,” kata Elang Buana, Jumat (26/11/2021).

Terdapat pula pelaku usaha yang masih belum memiliki sertifikat halal, lantaran penilaian dari tim audit sangatlah mendetail.

Baca Juga :  Gaungkan Puan Maharani di Tarakan, PDIP: Bentuk Kepedulian Sosial

“Penilaiannya detail sekali. Kayak misalnya dapurnya harus steril, tempat pemotongan juga misalnya tidak ada anjing juga di sana, Kalaupun pakai bumbu atau gula itu harus detail dari mana asalnya,” beber.

Elang menambahkan, berdasarkan pengakuan pemilik usaha mereka tak mau mengganti bahan pangan atau bumbu yang tak memenuhi syarat halal karena takut rasa yang dihasilkan akan berubah.

“Malah yang owner-nya non muslim kebanyakan sudah bersertifikat halal semua,” ujarnya.

Baca Juga :  Perdana, Perumda Tarakan Aneka Usaha Ekspor Rokok ke Filipina 

Meski begitu, ia menerangkan belum adanya logo halal dari pelaku usaha bukan berarti bahan dasar yang digunakan tidak halal, namun pihaknya mungkin belum melakukan audit.

“Cuma memang kami belum audit beberapa ya, tapi ada juga yang kami audit tidak mau ikuti aturan dan anjuran auditor kami makanya mengundurkan diri,” pungkasnya. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *